Aneka Kuliner Khas Sunda Cocok Buat Buka Puasa

kuliner khas Sunda
Mie Kocok, salah satu kuliner khas Sunda. (Irwan Akhmad/BandungKlik)

 

BandungKlik – Selama bulan Ramadan banyak ragam kuliner tradisional atau khas daerah yang diburu untuk menu berbuka puasa. Seperti kuliner khas Sunda yang cocok disantap saat berbuka puasa bersama keluarga atau kolega.

Berikut ini beberapa menu kuliner khas Sunda yang kerap menjadi menu favorit saat berbuka puasa.

Nasi Timbel 

Makanan tradisional Sunda ini sudah familiar di masyarakat Indonesia. Apalagi saat Ramadan, nasi timbel kerap menjadi menu populer berbuka puasa. Nasi timbel merupakan nasi yang dibungkus daun pisang sehingga menghasilkan aroma yang sangat khas.

Kemudian disajikan dengan aneka lauk pauk, seperti ayam goreng, gepuk, asin jambal roti, perkedel jagung atau kentang, tempe dan tahu. Dilengkapi pula dengan lalaban dan sambal.

Gepuk  

Berikutnya ada masakan gepuk. Makanan ini umumnya berbahan daging sapi. Nama gepuk sendiri diambil dari proses pembuatannya yang dipukul secara berulang-ulang sampai daging empuk dan pipih.

Daging sapi tersebut diolah dengan banyak rempah, lalu digoreng, dan diberi taburan bawang goreng atau parutan kelapa di atasnya. Cita rasa gepuk manis dan gurih, nikmat disantap dengan nasi panas plus lalaban serta sambal.

Karedok

Kuliner tradisional Sunda yang satu ini juga menjadi makanan favorit untuk menu buka puasa karena kesegarannya. Ditambah rasanya yang pedas membuat ketagihan dan menambah nafsu makan.

Silakan baca: Mi Kocok Bandung Bikin Lidah Bergoyang

Karedok biasanya dibuat dari sejumlah sayuran mentah yang  dicampur dengan sambal kacang atau sambal terasi dalam ulekan. Sayuran yang biasa digunakan, yaitu kacang panjang, taoge, kol, mentimun, leunca, dan daun kemangi.

Mi Kocok

Kuliner tradisional Sunda yang ini juga sudah tak asing lagi bagi masyarakat pada umumnya. Mi kocok banyak diburu juga para pecinta kuliner berkuah saat berbuka puasa.

Mi kocok berisi mi kuning pipih dengan kuah kaldu sapi yang kental, irisan kikil, taoge, bakso. Lalu ditaburi irisan seledri, daun bawang, dan bawang goreng. Lebih nikmat disantap saat panas dan ditambah sambal pedas serta kecap.*

 

 

Sumber: @disbudpar.bdg