BandungKlik – Taman Impian Jaya Ancol di DKI Jakarta memaksimalkan dan mengefektifkan penerapan GeNose C19 khusus bagi pengunjung di wahana pemandian Atlantis. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan setiap pengunjung dalam kondisi negatif Covid-19 sebelum menikmati wahana air tersebut.

“Jadi, bukan hanya kereta atau pesawat saja yang menerapkan tes nanti. Tapi, kami juga akan memastikan bahwa mereka masuk Atlantis sudah tidak ada orang tanpa gejala (OTG) atau apa pun,” tutur Vice President Sea Worldm Ocean Dream Samudra, dan Atlantis Rika Sudranto dalam konferensi pers #MudikKeAncil di Dunia Fantasi, Taman Impian Jaya Ancol, Senin (10/5/2021).

Dikatakan Rika, wahana air yang menerapkan pemeriksaan GeNose C19 hanya Atlantis. Terlebih, wahana tersebut sempat ditutup selama masa pandemi Covid-19.

Taat Peraturan

Tak dimungkiri, saat berenang berpotensi menimbulkan kerumunan. Ia menyadari bahwa tidak mungkin menyuruh orang berenang mengenakan masker. Untuk mengatasi hal tersebut, pihak manajemen Ancol selalu mengacu pada Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 32 Tahun 2017 dalam perawatan (treatment) kolam renang di wahana Atlantis.

“Untuk diketahui bersama, kami mengacu kepada Kepmenkes 32 Tahun 2017 yang menyatakan bahwa bila itu dikasih klorin atau diberi unsur-unsur tertentu, maka bakteri patogen yang ada di dalamnya sudah tidak ada,” ujar Rika, dikutip dari Antara.

Salah satu langkah yang akan dilakukan manajemen adalah membatasi kerumunan pengunjung saat keluar masuk ke kolam pemandian. Caranya dengan menerapkan pembatas bagi pengunjung di setiap area kolam renang Atlantis. Selain itu, area dilengkapi monitor yang menampilkan jumlah pengunjung.

Dengan bermacam perangkat keamanan dan keselamatan yang ada, Rika mengatakan pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk Atlantis Rp 105.000 per orang. Biaya tersebut sudah termasuk biaya pemeriksaan GeNose C19.

Sementara bagi pangunjung repiter yang menggunakan kartu annual pass hanya perlu membayar tes GeNose sebesar Rp 20 ribu. Selama libur Lebaran tahun ini wahana Atlantis akan dibuka pukul 08.00 – 16.30 WIB. *

Silakan baca: Libur Lebaran, Ancol Batasi Pengunjung 30 Persen

Silakan baca: Objek Wisata Banyumas Buka Saat Libur Lebaran