BandungKlik – Alun-alun Kabupaten Kuningan, Jawa Barat kini tampil dengan wajah baru dan masih berlatar lanskap Gunung Ciremai. Wajah baru kawasan yang biasa disebut Taman Kota ini, merupakan hasil revitalisasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kuningan.

Warga Kuningan pun dapat menikmati hasil revitalisasi ruang publik tersebut untuk menghabiskan libur akhir pekan bersama keluarga. Desain yang unik dan indah akan membuat betah para pengunjung.

Peresmian Alun-alun Kuningan ini dilakukan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Bertempat di area Taman Kota Kuningan langsung, pada Minggu (30/1/2022) pagi.

“Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, di hari minggu yang cerah ini, saya resmikan Alun-alun Kuningan,” tutur Kang Emil–sapaan Ridwan Kamil, dikutip dari laman jabarprov.go.id.

Saat ditanya tentang konsep desain Taman Kota Kuningan, Kang Emil merasa puas karena ada landmark kuda berdampingan dengan Masjid Agung Syiarul Islam. Nantinya, di sekitar area tersebut, tepatnya di Jalan Siliwangi, akan ada penataan pedestrian.

“Bagus, Alhamdulillah. Cocok. Ada rencana juga buat pengembangan (sekitar jalan) Siliwangi,” tambahnya.

Silakan baca: Situs Purbakala Cipari, Bukti Kebudayaan Masa Prasejarah

Revitalisasi yang menghabiskan dana sebesar Rp25 miliar itu, berlangsung selama dua tahun. Termasuk renovasi Masjid Syiarul Islam dan taman relief. Di area Taman Kota hadir juga food court pasar tumpah yang bisa memanjakan warga Kuningan untuk berbelanja dan membeli makanan.

 

Klik halaman berikutnya