BandungKlikSulawesi Tenggara ternyata menyimpan banyak destinasi wisata yang memesona di setiap daerahnya. Seperti di Kabupaten Kolaka Timur, ada objek wisata Air Terjun Tetewa yang menakjubkan. Dengan suasana yang masih asri dan damai

Saking indahnya, tak sedikit yang menyebut Air Terjun Tetewa ini sebagai surga tersembunyi. Ditambah memang lokasinya agak tersembunyi, sehingga belum banyak orang yang mengetahuinya. Hal tersebut tampak dari jumlah pengunjung yang bisa dihitung hanya dengan menggunakan jari.

Namun di luar itu, pesona keindahan dari Air Terjun Tetewa ini begitu luar biasa. Sampai mampu membuat siapa pun terpukau saat berkunjung ke tempat ini dan melihat air terjun dari dekat.

Keunikan dari air terjun setinggi kurang lebih 3 meter ini, letaknya berada di sisi aliran sungai dan berbeda dengan air terjun pada umumnya. Arusnya begitu deras dan keluar dari barisan bebatuan, lalu jatuh tepat pada aliran sungai. Sehingga sungai ini debit airnya tidak akan pernah berkurang meskipun berada di musim kemarau.

Menikmati Air Terjun Tetewa Sultra

Air terjun yang berada dekat di Desa Alaha, Kecamatan Ueesi, Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara. Objek wisata alam ini pun bisa dinikmati pada dua musim, yaitu musim hujan dan kemarau (panas).

Silakan baca: Pesona Alami Taman Wisata Kea-Kea di Kolaka

Jika musim panas tiba, air terjun yang satu ini memiliki jumlah puluhan aliran air. Sementara saat memasuki musim hujan, air terjun akan dapat terlihat sampai ratusan aliran air saking derasnya. Air akan keluar lewat celah-celah bebatuan cadas di lereng dan juga jatuh secara langsung ke dalam aliran sungai yang utama.

Pada saat memasuki musim hujan, lokasi ini akan sangat cocok untuk dijadikan sebagai jalur untuk olahraga arung jeram yang cukup menantang. Lalu ketika pagi hari pemandangan air terjun ini akan sangat asri, berkabut dan terasa dingin.

Tak hanya itu, di tempat wisata Sultra ini wisatawan juga bisa berburu foto ciamik dan instagenik dengan latar air terjun. Jika ingin lebih seru lagi, wisatawan bisa pilih berenang dan bermain di bawah aliran air terjun.

Di tempat ini, wisatawan pun bisa merasakan kesegaran alam yang sangat bersih dan jauh dari hiruk pikuk suasana perkotaan. Jadinya akan sangat cocok untuk melepas penat dari berbagai kesibukan rutinitas sehari-hari.

Akses ke Air Terjun Tetewa

Air terjun ini menjadi salah satu destinasi wisata alam unggulan yang ada di Kolaka Timur. Apabila ingin menuju ke air terjun tersebut, maka wisatawan membutuhkan jarak tempuh kurang lebih 70 km dari puast kota Kolaka Timur.

Silakan baca: Benteng Keraton Buton Wolio, Diakui Terluas di Dunia

Akses jalan yang ada juga bisa dikatakan sangat sulit untuk dilalui. Meski begitu, lelahnya dalam perjalanan nanti akan terbayar dengan keindahan air terjun yang menakjubkan.*