BandungKlik – Air Terjun Temam menjadi destinasi wisata alam unggulan di Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan. Banyak yang menjulukinya sebagai Niagara Mini Indonesia karena bentuknya melebar dengan aliran air cukup deras mirip Niagara versi aslinya.

Daya tarik wisata alam ini berlokasi di Kelurahan Air Temam, Kecamatan Lubuklinggau Selatan I. Sekitar 11 km ke arah selatan dari pusat Kota Lubuklinggau.

Air Terjun Temam bisa dilihat dari berbagai penjuru, dengan ketinggian 12 meter dan lebar sekitar 25 meter. Di bawahnya terdapat kolam jatuhan air dengan kedalaman 4 meter, sehingga wisatawan disarankan untuk tidak berenang.

Suasana sekitarnya cukup asri dan memukau siapa pun yang berkunjung. Dikelilingi batu-batuan alam dan kawasan perkebunan karet penduduk. Dengan suasana yang menyenangkan dijamin wisatawan yang datang akan betah di sana.

Silakan baca: Mencoba 5 Aktivitas Seru Ekowisata di Sumatera Utara

Fasilitas pendukung pun sudah dilengkapi Pemerintah Kota Lubuklinggau. Seperti turap (dinding penahan tanah) dan tangga yang memudahkan wisatawan mencari lokasi tepat untuk mengabadikan keindahan alam ini.

Air Terjun Temam Lubuklinggau
Keindahan Air Terjun Temam saat malam hari dengan efek warna-warni lampu LED.

Terlebih saat malam hari, Air Terjun semakin indah dengan efek warna-warni lampu LED yang menyorot langsung ke aliran air terjun. Momen tersebut, bisa dinikmati wisatawan mulai petang hingga malam hari. Efek LED itu pun membuat air terjun menjadi incaran banyak wisatawan untuk berfoto.

Fasilitas & Akses

Kini, destinasi wisata Air Terjun Temam telah dilengkapi fasilitas umum seperti gazebo, toilet, area parkir, hingga waterpark yang sangat menarik dikunjungi bersama keluarga. Terdapat pula spot berfoto lainnya, diantaranya jembatan gantung yang berada 50 meter di atas air terjun. Lalu jalan setapak menuju air terjun dengan dihiasi pepohonan rindang.

Letak Air Terjun Temam berada sekitar 50 meter dari jalan poros yang menghubungkan antara Kelurahan Air Temam dan Kelurahan Rahma. Perjalanan ke sana hanya membutuhkan waktu 30 menit dari pusat Kota Lubuklinggau dengan mengendarai kendaraan roda dua atau roda empat.

Silakan baca: Curug Cinulang, Keindahan Dua Air Terjun Kembar

Akses masuknya bisa melalui dua jalan masuk alternatif, yaitu jalan masuk ke arah Kelurahan Rahma atau Kelurahan Air Temam. Dengan kondisi jalan penghubung yang cukup baik.*

 

 

Sumber & Foto: Dispar Kota Lubuklinggau