BandungKlik – Di saat liburan ke Makassar, wisatawan dapat sekalian berkunjung ke Kabupaten Gowa yang memiliki banyak objek wisata alam dan budaya. Salah satu yang menarik, yaitu Air Terjun Takapala yang memesona.

Keindahan alamnya yang memesona dan terletak tak jauh dari perkotaan, sehingga mudah untuk kalian jangkau. Keasrian alam sekitar dan hawa yang cukup sejuk, akan memanjakan kalian saat berada di destinasi wisata yang satu ini.

Air Terjun Takapala mempunyai ketinggian hingga 109 meter dengan aliran air yang deras. Berlatar belakang bebatuan berlapis tipis lumut hijau dan tanaman rambat kecil. Sehingga membuat tampilannya sangat memesona dan memanjakan mata. Cantik sekali buat latar swafoto kalian!

Ada kolam jatuhan air terjun yang jernih yang akan menggoda wisatawan untuk segera turun menikmati kesegarannya. Kalau ingin bermain di kolam tersebut, tetap berhati-hati dan bermain air di tepian saja karena arusnya cukup deras.

Silakan baca: Istana Balla Lompoa, Peninggalan Kerajaan Gowa

Sebagai destinasi wisata alam, kawasan Air Terjun Takapala pun sudah dilengkapi berbagai fasilitas penunjang. Di antaranya area parkir, toilet, gazebo, kantin, dan berbagai penginapan di sekitar lokasi wisata.

Objek wisata Kabupaten Gowa ini buka setiap hari mulai dari pukul 07.00 WITA hingga pukul 17.00 WITA. Harga tiket masuknya masih terjangkau, sekitar Rp10 ribu per orang. Harga tersebut sewaktu-waktu bbisa berubah.

Lokasi Air Terjun Takapala Gowa

Wisatawan yang mau erkunjung ke objek wisata air terjun ini bisa menjangkaunya dengan akses yang mudah. Kondisi jalannya sudah bagus dan jalur trekkingnya juga cukup dekat dan mudah.

Destinasi wisata air terjun ini pun berada di dekat perkotaan, sehingga bisa mengandalkan google maps yang terpasang di gadget kalian. Selain itu, tempatnya sudah populer jadi tak sulit jika menanyakan kepada warga setempat.

Lokasi Air Terjun Takapala terletak di Desa Bontolerung, Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Rute menuju lokasinya, bisa wisatawan tempuh dengan jarak 6 km dari pusat kota Malino. Perjalanannya bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Silakan baca: Lima Destinasi Wisata Alam Sulsel yang Mendunia

Jika ingin menggunakan kendaraan umum, bisa berangkat dari Terminal Mallengkeri, Kota Makassar. Dari terminal ini, tinggal naik angkutan jurusan Terminal Sungguminasa dan teruskan lagi dengan angkot ke Malino.*