BandungKlik – Ketika berkunjung ke Danau Toba, kalian wajib menyambangi juga Air Terjun Sipiso-piso. Keindahan air terjun ini pun bisa dikatakan sebagai bonus wisata ke danau vulkanik terbesar di Asia tersebut.

Tinggi air terjun yang satu ini mencapai 120 meter, sehingga termasuk salah satu yang tertinggi di Indonesia. Terbentuk dari sungai bawah tanah di plato Karo yang mengalir melalui sebuah gua di sisi kawah Danau Toba.

Aliran air yang keluar dari gua tersebut berukuran tidak begitu besar, namun sangat deras dan jatuh dari ketinggian 120 meter, membuatnya begitu memukau. Tampilan itulah yang memunculkan nama dengan kata “piso” yang berarti pisau. Karena memang air terjun ini jika diihat dari jauh bentuknya seperti pisau, kecil dan panjang.

Destinasi wisata alam air terjun ini berlokasi di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatra Utara. Terletak pada ketinggian wilayah sekira 800 meter di atas permukaan laut.

Silakan baca: Pesona Danau Toba, Destinasi Super Prioritas yang Menakjubkan

Pesona Air Terjun Sipiso-piso

Berada tidak jauh dari Danau Toba, membuat Air Terjun Sipiso-piso menjadi salah-satu tempat terbaik menikmati keindahan danau tersebut dari ketinggian. Bahkan, kini kawasan air terjun ini sudah banyak penataan yang dapat memberikan kenyamanan para pengunjung.

Bukan hanya itu, panorama alam di sekitarnya pun sangat memesona. Tampak dari atas air terjun berupa hamparan area sawah dan perkebunan milik warga setempat. Di sisi lain, wisatawan pun bisa menyaksikan keindahan pemandangan gunung dan perbukitan.

Makin asyik lagi karena suasana di Air Terjun Sipiso-piso cukup asri dan tenang. Ditambah udara yang segar khas pegunungan yang menambah kenyamanan. Wisatawan pun dapat memanjakan mata dan menenangkan pikiran di objek wisata Sumatra Utara tersebut. Cocok pula untuk tempat healing dan melepas kepenatan dari rutinitas sehari-hari.

Silakan baca: Bukit Simarjarunjung Sajikan View Keindahan Danau Toba

Bagi para pecinta wisata selfie, kawasan wisata ini juga akan memberikan kepuasan. Pasalnya, di tempat wisata Air Terjun Sipiso-Piso terdapat sejumlah spot foto yang instagrammable dan ciamik. Paling populer di kalangan pengunjung, yaitu spot foto gardu pandang yang berlatar Danau Toba.*