BandungKlik – Bagi para pecinta wisata alam, sesekali wajib menyambangi Kabupaten Banggai Laut (Balut) di Sulawesi Tengah (Sulteng). Di sana tersimpan banyak sekali objek wisata alam yang memukau dan menarik. Salah satunya destinasi wisata Air Terjun (Paisu) Matube.

Meski ketinggian air terjun ini hanya sekitar tiga meter, namun tetap memanjakan mata. Airnya sangat jernih dan kolam jatuhan airnya yang berwarna biru kehijauan. Sungguh tampak indah memesona.

Lingkungan Air Terjun Matube ini pun masih sangat asri dan hijau dengan udara yang sejuk. Itulah yang menjadi daya tarik air terjun yang satu ini. Cocok sekali buat wisatawan yang ingin merelaksasi pikiran dan melepas kepenatan dan rasa jenuh rutinitas.

Selain itu, wisatawan juga bisa berenang atau mandi di kolam jatuhan air terjun tersebut untuk menikmati kesegaran air yang alami. Jika pun tak tertarik berenang, dapat menikmati fasilitas lain yang tersedia. Seperti spot foto di jembatan bambu, sarang burung, atau berfoto di tepi sungai dan dekat air terjun.

Silakan baca: Rehat Sejenak di Danau Anano Tei Buton Tengah yang Indah

Tak hanya asyik swafoto atau foto-foto cantik bernuansa keindahan alam, wisatawan juga dapat menyewa gazebo bambu yang berada di sekitar permandian Air Terjun Matube. Gazebo tersebut berkapasitas 20-30 orang.

Di gazebo itu, kalian bisa duduk santai menikmati pemandangan indah sekitar, sembari menikmati aneka cemilan kuliner khas Banggai Laut. Di antaranya pisang goreng dan hangatnya teh atau kopi tradisional.

Lokasi & Fasilitas Wisata Air Terjun Matube

Objek wisata air terjun yang satu ini berlokasi di Desa Lampa, Kecamatan Banggai, Kabupaten Banggai Laut, Sulawesi Tengah. Wisatawan bisa menjangkaunya dengan menggunakan kendaraan bermotor, baik sepeda motor maupun mobil.

Perjalanan menuju ke Air Terjun Matube ini kurang lebih 10 menit dari Pusat Kota Banggai. Dengan kondisi jalan masuk ke air terjun ini sudah tertata bagus dan beraspal beton.

Silakan baca: Buya Sabe, Kain Tenun Khas Donggala Sulawesi Tengah

Berwisata di sini pun semakin nyaman karena tersedianya berbagai fasilitas pendukung wisatawan. Antara lain kamar mandi umum, musala, persewaan alat, selfie area, tempat makan, are parkir, dan lainnya.*