BandungKlik – Liburan ke Magelang jangan hanya berkunjung ke Candi Borobudur, tapi kalian mesti coba berkunjung ke berbagai objek wisata alamnya. Seperti salah satunya Air Terjun Grenjengan Kembar yang sungguh memukau begitu melihatnya langsung.

Selain air terjunnya yang memukau, panorama alam sekitarnya cukup indah. Suasananya pun asri dan berhawa sejuk karena berada di tengah kawasan hutan pinus. Cocok sekali buat tempat healing atau merelaksasi tubuh dan pikiran.

Air Terjun Grenjengan Kembar sendiri terletak di lereng Gunung Merbabu. Tepat di tengah kawasan hutan pinus milik Taman Nasional Gunung Merbabu. Masuk wilayah Dusun Citran, Desa Muneng Warangan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Destinasi wisata alam yang masih dikelola warga desa setempat tersebut, memiliki keistimewaan berupa dua buah air terjun yang berdampingan sekaligus. Sehingga lahirlah sebutan kembar pada namanya. Aliran airnya bersumber dari anak Sungai Cebong di lereng Gunung Merbabu.

Ketinggian air terjun pertama sekitar 12 meter sampai tingkat satu dan kurang lebih 2 meter menuju tingkat kedua. Sedangkan air terjun kedua lebih tinggi, sekira 18 meter. Itulah yang menjadi daya tarik utama wisata Air Terjun Grenjengan Kembar Magelang.

Silakan baca: Candi Ngawen, Situs Candi Buddha di Magelang

Ketika berada di lokasi wisata ini, siapa pun akan terhipnotis dengan pemandangan dua buah air terjun yang sangat memukau. Dengan keistimewaannya tampak pada bentuk yang berbeda antara satu dengan yang lain.

Fasilitas Wisata 

Di tempat wisata yang satu ini, kalian tak hanya menikmati pesona air terjun dan keindahan alam. Banyak aktivitas menaerik yang juga bisa dilakukan. Para pecinta wisata selfie bisa berburu spot foto yang eksotik dan tentunya instagenic. Salah satu spot favoritnya berlatar air tejun tersebut.

Berikutnya, kalian juga bisa bermain air dan menikmati kesegaran alami dari Air Terjun Grenjengan Kembar di kolam jatuhan airnya. Berada di sini pun semakin nyaman dan betah karena udaranya cukup sejuk khas pegunungan, jauh dari polusi kendaraan dan keramaian kota.

Enaknya lagi, sudah tersedia fasilitas penunjang bagi para wisatawan. Seperti area parkir, warung makanan yang tidak jauh dari air terjun, serta musala untuk beribadah. Soal harga tiket masuknya pun sangat terjangkau, hanya sekitar Rp3.000 per orang dan ongkos parkir sebesar Rp5.000. Tapi harga ini sewaktu-waktu bisa berubah, ya!

Silakan baca: Keindahan Lima Air Terjun di Kabupaten Magelang

Untuk menuju ke Air Terjun Grenjengan Kembar Magelang, wisatawan harus berjalan kaki menapaki jalan dari area parkir. Perjalanannya akan kalian tempuh kurang lebih selama 10 hingga 20 menit.*