BandungKlik – Berkunjung atau liburan ke Kabupaten Agam di Sumatera Barat, mesti melihat pesona berbagai objek wisata alam di sana yang indah-indah dan mengagumkan. Salah satunya destinasi wisata Air Terjun Gadih Ranti.

Air terjun setinggi 50 meter tersebut memiliki penampilan yang unik karena jatuhan airnya cukup banyak berjajar. Serta bertingkat-tingkat dan diapit sejumlah air terjun yang lebih kecil.

Keberadaan Air Terjun Gadih Ranti ini belum begitu populer. Namun jika wisatawan sudah pernah datang ke sini sekali, bakal rindu dan ingin datang berkali-kali. Suasananya bakal membuat kalian nyaman dan betah.

Di sekitar air terjun banyak tumbuh tanaman hijau yang menambah keasrian dan udaranya menyegarkan. Aliran air di kawasan wisata Kabupaten Agam ini tidak begitu deras sehingga wisatawan dapat bermain air dengan cukup aman.

Silakan baca: Rekreasi ke Banto Royo, Objek Wisata Air di Kabupaten Agam

Tak hanya itu, terdapat pula kolam pemandian bernama Gadih Ranti yang terletak di atas air terjun yang menambah daya tarik kawasan ini. Sebelum tiba di lokasi juga, Wisatawansudah dapat suguhan pemandangan alam dari perbukitan dan udara yang segar sepanjang perjalanan.

Sejarah Nama Gadih Ranti

Di area wisata Kabupaten Agam yang satu ini terdapat sebuah kolam pemandian bernama Pemandian Gadih Ranti yang terletak di atas air terjun tersebut. Nama tempat ini menurut cerita masyarakat setempat, berawal dari kisah seorang gadis.

Dulunya di sini terdapat seorang gadis yang bernama Gadih Ranti yang memiliki paras menawan dan memiliki rambut yang panjang. Ia pun selalu mandi di kolam pemandian dekat air terjun tersebut.

Gadih Ranti juga pernah memerintah di sekitar daerah tersebut. Selama masa pemerintahannya, ia begitu banyak membangun monumen dan fasilitas masyarakat, seperti istana, masjid, dan juga berbagai prasasti. Legenda tersebut akhirnya menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung objek wisata ini.

Lokasi & Rute ke Air Terjun 

Air terjun ini berlokasi di Nagari Tanjung Sari, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Untuk menuju ke tempat ini, Wisatawanbisa menempuhnya melalui perbatasan Jorong Dama Gudang dan Jorong Arikia.

Silakan baca: 5 Geopark di Sumatera Barat yang Menakjubkan

Letak Air Terjun Gadih Ranti berada tak jauh dari Danau Maninjau yang sudah tersohor itu. Berjarak sekira 1,6 km dari Jalan Raya Lubuk Basung-Maninjau dan berdekatan dengan bendungan irigasi Batang Antokan. Lalu sepanjang 600 meter menuju lokasi masih berupa jalan setapak.*