Air Terjun Cigetruk, Objek Wisata Baru di Cirebon

air terjun cigetruk
Air Terjun Cigetruk. (@curugcigetruk).*

 

BandungKlik – Air Terjun Cigetruk baru-baru ini banyak diperbincangkan orang. Potensi objek wisata alam di Desa Mandala Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon ini menyajikan pesona yang menarik kunjungan wisatawan.

Sebetulnya, objek wisata curug ini bukanlah objek wisata yang baru banget. Sejak 2010 lokasi ini sudah mulai menjadi tempat rekreasi khususnya bagi warga lokal. Dulu, karang taruna setempat yang mengelolanya. Perlahan tempat ini berbenah dan terus dikembangkan menjadi destinasi wisata unggulan baru.

Hal ini didukung geografis Kecamatan Dukupantang sebagai salah satu wilayah penyangga pariwisata berbasis alam dan agrowisata di Kabupaten Cirebon. Cukup banyak sumber daya alam yang berpotensi untuk dikembangkan di wilayah yang berbatasan dengan Kabupaten Kuningan dan Majalengka tersebut. Salah satunya Air Terjun Cigetruk yang eksotis.

Meski tak terlalu tinggi, air terjun ini menyajikan keindahan tersendiri. Bahkan, hingga saat ini masih belum banyak dikunjungi lantaran situasi pandemi Covid-19. Padahal, objek wisata ini ramai diperbincangkan setelah para pelancong membagikan pengalaman kunjungannya di media sosial.

“Curug ini ketinggiannya sekitar 27 meter. Belum banyak diketahui wisatawan,” ujar pengelola Air Terjun Cigetruk Suhanan, beberapa waktu lalu. Menurut dia, air terjun tersebut termasuk tertinggi di Kabupaten Cirebon.

Pengunjung bisa menikmati suasana air terjun dengan menuruni anak tangga. Selain berfoto juga bisa bermain di kolam tepat di bawahnya. Sejumlah fasilitas juga sudah tersedia seperti MCK, kolam dan kedai kopi serta fasilitas lain yang masih dalam pengerjaan.

Meski area objek wisata ini tak terlalu luas tetapi cukup menampung puluhan pengunjung. Jika berkunjung ke sana, di sekitar curug terdapat hamparan sawah yang luas menghijau dan lanskap terasering yang sayang untuk dilewatkan. Ini akan menambah cerita dan pengalaman berwisata yang berbeda. Saat ini, tiket masuk Air Terjun Cigetruk Rp 5 ribu per orang. *

Silakan baca: Setu Patok, Wisata Romantis dan Pesona Sunset

Silakan baca: Sitiwinangun, Desa Wisata Penghasil Gerabah