Air Mentimun bagi Kesehatan, Ini 5 Manfaatnya

mentimun
Air mentium memberi manfaat yang baik bagi kesehatan. Selain sehat dan menyegarkan, air mentimun mudah dibuat. (Irwan Akhmad/Bandung Klik).*

 

BandungKlik – Air mentimun tak hanya dimanfaatkan untuk spa. Belakangan, semakin banyak orang menikmati minuman sehat dan menyegarkan ini di rumah. Mengapa tidak? Selain enak, juga mudah dibuat. Dikutip dari healthline.com, berikut 5 manfaat air mentimun bagi kesehatan Anda:

  1. Membuat cairan tubuh tetap terjaga

Tubuh tak dapat berfungsi dengan baik tanpa air. Seturut American Academy of Family Physicians, umumnya orang harus minum enam sampai delapan gelas setiap hari. Namun, terkadang mengkonsumsi air putih membosankan. Dengan menambahkan mentimun akan memberikan rasa ekstra dan mendorong Anda untuk minum lebih banyak.

  1. Sebagai antioksidan

Mentimun termasuk buah dan sayuran yang mengandung antioksidan tinggi, yakni kaya akan vitamin C, beta karoten, mangan, molibdenum, dan flavonoid. Antioksidan adalah zat yang dapat membantu mencegah dan menunda kerusakan sel akibat stres oksidatif yang disebabkan radikal bebas.

Silakan baca:

Mengesankan, Ini 5 Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan

  1. Membantu mencegah kanker

Sejumlah penelitian awal menunjukkan, mentimun dapat membantu melawan kanker. Bersama antioksidan, mentimun juga memiliki senyawa yang disebut cucurbitacins dan sekelompok nutrisi yang disebut lignan yang mungkin berperan dalam melindungi kita dari kanker.

  1. Menurunkan tekanan darah

Salah satu faktor penyebab tekanan darah tinggi adalah tubuh memiliki terlalu banyak garam dan terlau sedikit kalium. Sedangkan mentimun adalah sumber potasium. Minum air mentimun membantu mendapatkan lebih banyak potasium yang berguna untuk membantu menurunkan tekanan darah.

  1. Mendukung kesehatan kulit dan tulang

Mentimun mengandung asam pantotenat atau vitamin B-5 yang bermanfaat mengobati jerawat. Satu gelas irisan mentimun memiliki sekira 5 persen dari nilai harian vitamin B-5 yang direkomendasikan. Selain itu, tubuh juga membutuhkan vitamin K seperti terkandung dalam mentimun. Manfaatnya membantu membentuk protein yang dibutuhkan untuk membuat tulang dan jaringan yang sehat. *

Silakan baca:

Penting, Ini 5 Buah Bergizi untuk Ibu Hamil