Air Jeruk Nipis bagi Kesehatan, Yuk Cari Manfaatnya!

air jeruk nipis
Air jeruk nipis. (Dok. medicalnewstoday.com).*

 

BandungKlik – Tubuh membutuhkan air yang cukup untuk menjaga kesehatan yang optimal. Faktanya, banyak orang lebih memilih meminum minuman manis ketimbang air putih.

Untuk kebutuhan nutrisi harian, air jeruk nipis boleh jadi opsi yang baik.  Seturut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), jeruk kecil asal Asia ini punya kandungan nutrisi yang besar. Satu buah jeruk nipis diameter 2 inci mengandung 20 kalori, 22 mg kalsium, 12 mg fosfor, 68 mg kalium, dan 19,5 vitamin C.

Dikutip dari medicalnewstoday.com, berikut 5 manfaat air jeruk nipis:

  1. Membantu memperbaiki pola makan

Pusat Pencegahan dan Pengawasan Penyakit (CDC) menyatakan, orang-orang yang tidak cukup minum air bisa menambahkan perasan jeruk nipis. Manfaatnya, dapat meningkatkan rasa sehingga mendorong mereka minum lebih banyak air. Sebuah studi baru dari Nutritional Epidemiology menunjukkan, orang yang minum lebih banyak air ketimbang minuman manis seperti soda, pola makannya lebih baik.

  1. Melancarkan pencernaan

Menambahkan jeruk nipis dalam minuman dapat membantu melancarkan pencernaan. Jeruk nipis mengandung senyawa yang dapat membantu merangsang sekresi pencernaan di perut. Selain itu, asam yang dikandungnya membantu air liur memecah makanan.

  1. Meningkatkan kualitas kulit

Jeruk nipis mengandung Vitamin C dan antioksidan. Keduanya adalah bahan dalam banyak produk kulit komersial. Jika dikonsumsi bersama air, kandungan alaminya dapat membantu memperbaiki tampilan penuaan kulit.

  1. Meningkatkan penurunan berat badan

Ahli gizi acap merekomendasikan minum segelas air sebelum makan untuk membantu mencegah makan berlebihan. Nah, air jeruk nipis punya manfaat tambahan. Asam nitrat dalam buah ini membantu meningkatkan metabolisme seseorang. Selain itu, membantu membakar kalori dan menyimpan lebih sedikit lemak.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan

Vitamin C yang dikombinasikan dengan antioksidan dalam jeruk nipis memberi dukungan pada sistem kekebalan tubuh. Jika diminum secara teratur, air jeruk nipis dapat membantu mencegah masuk angin dan flu. *

Silakan baca:

Mengesankan, Ini 5 Manfaat Cengkeh Untuk Kesehatan