Adrenalin di Balik Pesona Bukit Panyaweuyan

panyaweuyan
Terasering Bukit Panyaweuyan. (Dok. disparbud.majalengkakab.go.id). *

 

BandungKlik – Bali, tidak hanya terkenal akan pantainya yang memesona. Namun, Bali juga mashyur akan pengelolaan sistem irigasi berbentuk terasering yang disebut subak. Subak bertahan menjadi terasering khas selama berabad-abad dan terus lestari hingga kini sehingga menjadi daya pikat pulau ini selain pantainya.

Namun, tahukah Anda? Sistem terasering yang indah ternyata tidak hanya ada di Pulau Dewata. Sistem itu ada pula di Bukit Panyaweuyan Kecamatan Argapura Kabupaten Majalengka Provinsi Jawa Barat. Bedanya, bila sistem terasering subak mengairi padi. Di Panyaweuyan, sistem teraseringnya mengairi kebun bawang merah dan beragam sayuran lainnya.

Terletak di ketinggian 2.000 mdpl, Bukit Panyaweuyan dapat ditempuh sekira satu jam dari Kota Majalengka. Dengan ketinggian itu, di sepanjang perjalanan Anda akan melewati hamparan pergunungan hijau yang memanjakan mata. Perpaduan pemandangan lanskap hijau, langit biru mahaluas, dan udara yang sejuk dipastikan bakal membuat Anda betah berlama-lama di sana. Tidak hanya itu, gagahnya Gunung Ciremai bisa juga dinikmati di Bukit Panyaweuyan sejauh mata memandang.

Silakan baca:

Waduk Darma, Danau Buatan yang Memesona

Untuk bisa mencapai Bukit Panyaweuyan, pastikan kendaraan dalam kondisi prima. Jika menggunakan mobil, percayakan tanggung jawab kepada sopir yang mahir. Apa sebab? Jalanan menuju puncaknya relatif ekstrem. Tanjakan dan turunan amat curam disertai banyak tikungan patah akan memicu adrenalin. Tidak hanya itu, dentuman adrenalin akan makin terpompa manakala melewati jalanan yang adakalanya hanya muat dilewati satu mobil sambil menyaksikan dalamnya jurang.

Ibarat pepatah, akhir yang indah tidak akan dilalui dengan jalan mudah. Begitu pula perjalanan menuju Bukit Panyaweuyan. Pompaan adrenalin dan kekhawatiran sepanjang perjalanan akan terbayar lunas ketika melihat pesona Bukit Panyaweuyan. Konon, bila sedang hijau-hijaunya, some people said, its trully like in heaven. Pesonanya benar-benar ibarat kepingan kecil surga.

O, iya! Bila beruntung Anda akan bertemu dengan sekawanan monyet ekor panjang yang sedang asyik santai atau terkadang menyeberang jalan. Juga, ada air terjun eksotis yang wajib Anda datangi sebelum ke Bukit Panyaweuyan. (Reka Yuda Mahardika). *

Silakan baca:

Situs Purbakala Cipari, Bukti Kebudayaan Masa Prasejarah