Adian Nalambok, Spot Terbaik Intip Keindahan Danau Toba

adian nalambok
Keindahan Danau Toba dilihat dari Adian Nalambok. (kemenparekraf.go.id).*

 

BandungKlik – Adian Nalambok, tak diragukan lagi, salah satu spot destinasi terbaik untuk menikmati keindahan Danau Toba. Februari lalu tempat tersebut direnovasi bekerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin).

Menparekraf Sandiaga Uno meresmikan wajah baru Adian Nalambok pada Kamis (11/6/2021) kemarin.

“Adian Nalambok ini merupakan salah satu dari 34 titik pemandangan yang nantinya menjadi travel pattern dalam berwisata di Danau Toba,” ujarnya, dikutip dari siaran pers kemenparekraf.go.id.

Tentu saja, keberadaan spot tersebut dirancang untuk mengembangkan kawasan Danau Toba sebagai destinasi superprioritas. Namun, pengembangan pariwisata kawasan tersebut tak berhenti di spot ini.

Sandiaga mengatakan, 33 titik pemandangan lainnya juga akan dibangun dan dikembangkan. Ia akan merangkul para perantau yang berasal dari kawasan sekitar Danau Toba untuk berkontribusi dalam pembangunannya.

“Dalam pembangunan ini kita perlu merangkul seluruh pihak. Mungkin polanya dapat berupa kerja sama ataupun CSR (Corporate Social Responsibility),” kata Sandiaga.

Lebih lanjut, ia berharap diresmikannya spot Adian Nalambok dapat membantu menggerakkan perekonomian para pelaku parekraf di sekitarnya.

Kemenparekraf menggagas proyek revitalisasi ini ingin menjadikannya salah satu percontohan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin. Oleh karena itu, Sandiaga berpesan agar pengelola dan pengunjung selalu menerapkan protokol kesehatan CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability) ketika berkunjung ke sana.

Secara geografis, Adian Nalambok berada di Kecamatan Tampahan Kabupaten Toba Samosir Provinsi Sumatera Utara. Lokasinya terletak di tepi jalan di punggungan bukit antara Parapat menuju Balige.

Spot ini juga menjadi tempat yang representatif bagi wisatawan untuk sekadar istirahat atau menuju Bandara Silangit. Mengingat spot tersebut salah satu yang paling dekat yang bisa dikoneksikan dalam perjalanan dari Bandara Silangit menuju Balige atau Parapat.

Di lokasi tersebut wisatawan dapat membeli sejumlah produk kuliner khas olahan para pelaku UMKM sekitar. *

Silakan baca: Rekomendasi Kuliner Khas Danau Toba yang Wajib Dicoba

Silakan baca: Berikut Rekomendasi 6 Cendera Mata Khas Danau Toba