9 Aneka Sambal dari Berbagai Daerah di Indonesia

aneka sambal Indonesia
Aneka sambal dari berbagai daerah di Indonesia. (dok. Kemenparekraf/shutterstock_Ariyani Tedjo)

 

BandungKlik – Indonesia terkenal dengan berbagai olahan kuliner pedasnya. Salah satunya aneka sambal dari berbagai daerah di Nusantara, dengan cita rasa yang khas.

Dari sekian banyak aneka sambal khas yang ada di Indonesia, berikut ini ada 9 macam sambal dengan rasa pedas yang unik dan nampol di lidah.

Sambal terasi

Sambal terasi berasal dari Jawa Barat yang terbuat dari campuran cabai rawit, cabai merah, bawang merah, bawang putih, garam, gula pasir atau gula merah. Ditambah tomat dan terasi untuk menambahkan aroma yang kuat.

Aroma terasi yang kuat dan khas itulah yang dapat meningkatkan selera makan dan pastinya membuat ketagihan. Sambal terasi biasanya cocok dipadukan dengan masakan seperti sayur asem, tempe atau tahu goreng, ayam goreng. Bahkan hanya disantap bersama sepiring nasi hangat pun tetap terasa nikmat.

Sambal bajak

Sambal berikut ini berasal dari Jawa Timur. Terbuat dari cabai rawit, cabai merah keriting, bawang merah, bawang putih, tomat merah, dan terasi yang diulek hingga halus. Lalu ditumis dengan garam, gula merah, dan asam jawa.

Silakan baca: 5 Kuliner Khas Mandalika Lombok yang Wajib Dicoba

Cita rasa sambal bajak tidak sepedas sambal lainnya, cukup ramah di perut. Ciri khasnya terletak pada rasanya yang segar, sedikit manis, dan tidak terlalu pedas namun tetap nikmat.

Sambal pecak

Selanjutnya ada sambal pecak yang juga cukup populer di Indonesia. Sambal pecak sering ditemukan pada hidangan khas Betawi dan Sunda.