88 Tahun Persib “Maung Bandung” di Pentas Sepakbola

persib 88 tahun
Pemain Persib 2020. (dok. persib.co.id).*

 

BandungKlik – Bagi warga Bandung dan Jawa Barat pada umumnya, nama Persib sudah demikian akrab. Klub sepakbola kebanggaan bobotoh tersebut, hari ini 14 Maret, Maung Bandung tepat berusia 88 tahun.

Selama kurun itu pula, klub sepakbola yang mulai berkiprah sejak 1933 ini selalu tampil dalam pentas sepakbola nasional. Bahkan, dalam beberapa agenda turut di kancah internasional.

Seturut perjalanan sejarahnya, dikutip dari laman resmi persib.co.id, Persib bermula dari meleburnya dua klub. Yaitu, Persatuan Sepakbola Indonesia Bandung (PISB) dan National Voetball Bond (NVB).

Waktu itu, Anwar St Pamoentjak dipercaya sebagai ketua umum. Sementara klub-klub yang berhimpun di dalam Persib antara lain SIAP, Soenda, Singgalang, Diana, Matahari, OVU, RAN, HBOM, JOP, MALTA, dan Merapi.

Sejak awal lahir, Persib sudah termasuk klub yang diperhitungkan. Dalam kurun 1933 – 1936 keikutsertaannya pada kompetisi perserikatan, Persib tampil tiga kali sebagai peringkat dua. Bagi klub baru tentu ini pencapaian yang luar biasa.

Persib menempati runer up pada kompetisi tahun 1933 di Surabaya, 1934 di Bandung, dan 1936 di Solo. Maung Bandung pertama kali juara kompetisi pada 1939 di Solo.

Dalam perkembangannya, Pangeran Biru banyak menyumbangkan pemainnya untuk tim nasional. Pada 1950-an, Aang Witarsa dan Anas menjadi pemain asal Persib pertama yang bergabung di tim Indonesia. Saat itu tim nasional Indonesia bermain di pentas Asian Games 1951 di New Delhi India.

persib juara 2014
Arak-arakan Persib Juara Liga Indonesia 2014. (dok. persib.co.id).*

Juara Liga Indonesia

Waktu terus bergulir seiring pasang surutnya prestasi Maung Bandung yang sempat merajai kompetisi perserikatan di tanah air. Ketika kompetisi perserikatan dan galatama disatukan menjadi Liga Indonesia (Liga Dunhill 1994/1995), Persib meraih trofi liga yang pertama. Di partai final, Persib mengalahkan Petrokimia Putra Gresik 1-0.

Satu hal yang boleh dikata membanggakan, Persib tampil sebagai juara murni mengandalkan 100 persen pemain lokal. Di pihak lain, hampir sebagian besar peserta liga terutama eks galatama menggunakan jasa pemain asing. Meskipun demikian, dalam perjalanannya tim yang bermarkas di Stadion Gelora Bandung Lautan Api ini juga turut menggunakan jasa pemain impor.

Setelah 19 tahun puasa gelar, Maung Bandung kembali mengangkat supremasi Liga Indonesia pada 2014. Kali ini, tim yang dikalahkannya adalah Mutiara Hitam Persipura Jayapura dengan skor 5-3 (2-2) melalui adu penalti.

Selama ini Persib tak pernah absen di pentas sepak bola nasional. Bahkan dalam liga terakhir yang tidak dilanjutkan lantaran pandemi Covid-19, Persib sedang memimpin klasemen sementara dengan kemenangan di tiga partai awal secara beruntun.

Tahun ini, di usianya yang ke 88 tahun, Persib tengah menatap kompetisi dan prestasi selanjutnya. Saat ini—menjelang turnamen Piala Menpora yang bakal digelar mulai 24 Maret 2021, pasukan Maung Bandung tengah melakukan persiapan di bawah instruksi pelatih asal Belanda, Robert Albert. *

Silakan baca:

Bandung Masuk “Kota Makanan Tradisional Terbaik Dunia”