7 Stasiun Kereta Paling Menakjubkan di Dunia

Stasiun kereta paling menakjubkan
Antwerp Central, Belgia paling indah di dunia. (dok. brainberries)

 

BandungKlik – Banyak bangunan stasiun kereta di dunia dibuat megah dan modern demi kenyamanan para pengguna. Bahkan beberapa stasiun sudah berusia ratusan tahun hingga jauh lebih menakjubkan dari yang lain. Berikut ini ada 7 stasiun kereta api yang paling menakjubkan di dunia.

Antwerp Central

Stasiun di Antwerp, Belgia ini memiliki bangunan asli yang dibuat antara tahun 1895 dan 1905, sebagai pengganti terminal asli dari Kereta Api Brussels-Mechelen-Antwerp. Arsitektur bangunannya berbalut batu dengan kubah besar di atas aula ruang tunggu.

Stasiun Antwerp dirancang Louis Delacenserie. Kemudian dilengkapi jembatan masuk ke stasiun yang dirancang arsitek lokal Jan Van Asperen. Tahun 2014, Antwerp Central mendapat penghargaan dari sebuah majalah Inggris-Amerika “Mashable”, sebagai stasiun kereta api paling indah di dunia.

St. Pancras International

Stasiun kereta St. Pancras International
St. Pancras International di London, Inggris.

Stasiun yang berlokasi di London Inggris ini, salah satu yang dibangun dengan gaya Victoria. Bernama St. Pancras International, yang berarti “katedral kereta api”. Dibuka pada tahun 1868. Stasiun ini pun selamat dari 2 peristiwa perang dunia. Meski sudah direnovasi beberapa kali, pengunjung masih dapat melihat ornamen-ornamen tua dari bangunannya.

Gare du Nord

Stasiun kereta paling menakjubkan Gare du Nord
Gare du Nord, Paris, Perancis.

Sebuah pepatah umum menyebutkan semakin indah kota, semakin mengagumkan stasiun keretanya. Hal ini terbukti dengan Kota Paris, salah satu kota paling menakjubkan di dunia, mempunyai stasiun kereta yang sangat menakjubkan pula. Bangunan stasiun tampak megah, klasik, dan sudah berusia ratusan tahun. Namanya stasiun kereta Gare du Nord yang dibuka pada tahun 1864.

Stasiun Kanazawa

Kanazawa
Stasiun Kanazawa, Jepang.

Berlokasi di Jepang, Stasiun Kanazawa sudah berusia ratusan tahun. Sebelum direnovasi tahun 1898, stasiun Kanazawa tampak biasa saja. Namun kini menjadi salah satu stasiun yang paling indah dan berbeda di Jepang. Stasiun ini merupakan pintu gerbang ke Kanazawa.

Silakan baca:

Traveling Naik Kereta Lebih Asyik, Ini 8 Alasannya

Jadwal Kereta Api Argo Parahyangan 2021

Terdapat hal menarik berupa kubah kaca yeng disebut ‘Motenashi Dome’ dan juga gerbang berbahan kayu yang disebut ‘Tsuzumi-mon’. ‘Motenashi’ itu sendiri memiliki arti yaitu ‘Selamat Datang’. Sedangkan ‘Tsuzumi-mon’ yang selesai dibangun tahun 2005, melambangkan drum tangan tradisional Jepang yang disebut Tsuzumi.

Stasiun Atocha

Stasiun kereta menakjubkan Atocha
Stasiun Atocha, Madrid, Spanyol.

Berlokasi di Madrid Spanyol, Stasiun Atocha dibangun antara tahun 1888 dan 1892 di bawah arahan Alberto Palacio del Elissagne dan Gustave Eiffel, desainer Menara Eiffel yang terkenal di Paris. Atapnya terdiri dari besi cor dan konstruksi kaca dalam gaya Art Nouveau.

Pada tahun 1992 interior didesain ulang untuk memfasilitasi AVE, layanan kereta api berkecepatan tinggi Spanyol. Di dalamnya dibangun taman tropis bersuhu stabil sekitar 24 derajat celcius. Taman tersebut membuat nyaman para pengunjung. Ditambah sejumlah spesies tanaman dan hewan langka hidup di sana.

Terminal Grand Central

Terminal Grand Central
Terminal Grand Central, New York, AS terbesar di dunia.

Selanjutnya ada Terminal Grand Central yang menjadi salah satu landmark paling berkesan di New York, Amerika Serikat. Terminal ini dibangun pada tahun 1913 dan sudah menarik jutaan turis setiap tahun. Terminal Grand Central pun menjadi stasiun kereta terbesar di dunia.

Chhatrapati Shivaji Terminus 

Chhatrapati Shivaji Terminus
Stasiun Chhatrapati Shivaji Terminus di India.

Stasiun di Mumbai, India ini merupakan stasiun kereta bersejarah dan masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO. Terminus dirancang arsitektur Inggris Frederick William Stevens dengan gaya arsitektur Victorian Italianate Gothic Revival.

Silakan baca:

Lokomotif Vintage Tahun 1953 – 1991 Hadir Kembali

Jadwal Kereta Api Malabar 2021 Bandung – Malang PP

Pembangunan stasiun tersebut dimulai pada 1878 dan selesai 1887, di lokasi selatan stasiun kereta api Bori Bunder yang lama. Stasiun dibangun untuk menandai 50 tahun pemerintahan Ratu Victoria, sehingga awalnya dinamai Victoria Terminus.

Namun pada Maret 1996, namanya berubah menjadi Chhatrapati Shivaji Terminus. Sebagai penghormatan kepada Shivaji, pendiri Kekaisaran Maratha abad ke-17, yang namanya sering didahului Chhatrapati, gelar kerajaan.*

 

Sumber & Foto: brainberries.co