7 Rempah Termahal di Dunia dengan Harga Fantastis

Rempah harga fantastis
Asafoetida (Hing). (dok. brainberries)

 

BandungKlik – Bumbu rempah menjadi poin utama dalam setiap masakan. Beberapa rempah mudah kita dapatkan dengan harga yang terjangkau. Namun di dunia ini, ada juga bumbu rempah yang dibanderol dengan harga fantastis. Dianggap sebagai rempah termahal di dunia.

Berikut ini ada 7 bumbu rempah paling mahal di dunia yang dibanderol dengan harga fantastis untuk ukuran per kilogramnya!

Asafoetida (Hing)

Asafoetida berasal dari Afghanistan, Iran, dan Tajikistan. Memiliki bau menyengat dan mungkin tidak menyenangkan bagi sebagian orang. Biasanya rempah ini dipakai sebagai pengganti bawang putih di beberapa hidangan.

Hing sendiri bukan sejenis tanaman, tetapi jus kering yang diekstrak dari akar tanaman. Rasa dan baunya seperti bawang putih dan akan berubah menjadi sangat lezat ketika dicampur dengan mentega. Harga per kilogram asafoetida bisa mencapai 100 dolar AS atau sekitar 1,4 juta rupiah.

Lada Merah Muda

Rempah lada merah muda
Lada merah muda. (dok. brainberries)

Rempah selanjutnya ada lada merah muda atau merica merah muda. Rempah berbentuk mirip buah berry ini, harga per kilogramnya bisa mencapai 50 hingga 100 dolar AS. Mempunyai aroma yang menggugah selera sehingga membuatnya sangat populer.

Kapulaga

rempah kapulaga
Kapulaga. (dok. brainberries)

Kapulaga merupakan salah satu rempah yang sudah ada sejak zaman dulu. Catatan pertama, kapulaga ditemukan 4.000 SM pada lempung tanah liat dari Babel Kuno. India dan Sri Lanka menjadi pemasok terbesar, tetapi dapat tumbuh di beberapa wilayah di dunia. Kapulaga juga dianggap sebagai obat mujarab untuk semua penyakit dan sering disebut “raja rempah-rempah”. Rempah ini pernah dibanderol dengan 350 dolar AS per kilogram.

Pala

rempah termahal pala
Rempah Pala. (dok. brainberries)

Pala merupakan rempah yang diproses cukup rumit untuk bisa digunakan sebagai bumbu masakan. Karena proses itulah, pala dibanderol dengan harga cukup fantastis dan masuk jajaran rempah termahal di dunia. Harganya berkisar dari $ 100 hingga $ 600 per satu kilogram.

Vanila

vanila
Vanila. (dok. brainberries)

Vanilla merupakan rempah dari buah anggrek yang belum matang. Satu kilogram rempah harum ini, bisa mencapai harga 800 dolar AS dan bisa terus naik. Jika disimpan dengan benar, aroma vanila yang fantastis dapat bertahan selama 40 tahun.

Silakan baca: 5 Mie Tradisional Indonesia, Nikmat dan Melegenda

Saffron

rempah safron
Safron. (dok. brainberries)

Safron memang sudah terkenal sebagai rempah yang mahal di dunia. Satu kilogram safron atau sejenis kunyit ini, pernah dibanderol hingga 6.000 dolar AS. Harga fantastis tersebut bahkan sudah sohor sejak Abad Pertengahan. Angka termurah mencapai $ 460/kg untuk jenis safron Iran. Sedangkan yang paling mahal yakni safron asal Spanyol. Safron kelas tinggi yang asli dijual dalam ukuran per gram.

Akar Ginseng Liar

Akar Ginseng Liar
Akar Ginseng Liar. (dok. brainberries)

Terakhir ada akar ginseng liar yang dianggap sebagai rempah yang paling mahal. Satu gram akar ginseng liar bisa seharga 3.846 dolar AS. Kelangkaan rempah inilah yang menyebabkan harganya jadi sangat fantastis. Akar ginseng liar pun tercantum dalam Buku Merah Internasional.*

 

Sumber: brainberries