7 Puncak Tertinggi di Dunia & Waktu Pendakiannya

elbrus, 7 puncak tertinggi dunia
Elbrus. (lifeinrussia).*

 

BandungKlik – Richard Bass—pendaki gunung asal Amerika Serikat, mempopulerkan 7 puncak tertinggi di dunia (seven summits) yang diwakili masing-masing benua. Akan tetapi, tak setiap waktu puncak tersebut baik untuk pendakian.

Seturut pengalaman para pendaki profesional, ada waktu tertentu yang direkomendasikan untuk mendaki 7 puncak tertinggi di dunia. Dihimpun dari laman sevensummits.com, berikut uraian singkatnya:

1. Elbrus (Eropa) 5.642 m/ 18.510 kaki

Elbrus tercatat sebagai gunung terbesar dan tertinggi di Eropa. Gunung ini menjulang di Rusia dekat perbatasan Georgia. Jika berencana mendaki gunung ini, Juni hingga Agustus adalah waktu terbaik. Yaitu, selama bulan-bulan musim panas di Pergunungan Kaukasus.

2. Kilimanjaro (Afrika), 5.895 m/ 19,341 kaki

Gunung ini berada di timur laut Tanzania.  Waktu terbaik untuk mendaki gunung tertinggi di Afrika ini adalah Agustus dan Januari. Tidak mungkin mendaki gunung ini sepanjang tahun. Mengapa? Sebab, ada bulan tertentu dengan curah hujan yang lebih tinggi.

 Kilimanjaro

Kilimanjaro. (worldwildlifefund).*

3. Aconcagua (Amerika Selatan) 6.962 m/ 22.828 kaki

Selain tertinggi, Gunung Aconcagua adalah gunung terbesar di Argentina dekat perbatasan Chili tepatnya di Provinsi Mendoza. Desember hingga Februari direkomendasikan untuk mendaki gunung ini. Pada kurun itu adalah musim panas di belahan bumi selatan.

Aconcagua
Aconcagua. (sevensummittreks).*

4. Piramida Carstensz/ Puncak Jaya (Oceania/ Australia) 4.884 m/ 16.024 kaki

Gunung paling tinggi di Indonesia ini terletak di Papua. Sebetulnya, gunung dengan gletser tropika ini dapat didaki sepanjang tahun. Akan tetapi, Oktober dan Maret adalah waktu terbaik untuk menjejakkan kaki di atap timur Indonesia.

Piramida Carstensz/ Puncak Jaya
Piramida Carstensz/ Puncak Jaya. (puncakjayakab.go.id).*

5. Denali (Amerika Utara) 6.914 m/ 20.322 kaki

Biasa dikenal dengan nama Gunung McKinley, Denali menjulang di Pergunungan Alaska di pedalaman negara bagian Alaska. Ingin mencoba menggapai puncaknya? Bersiaplah pada Mei hingga Juli, selama musim semi hingga awal musim panas di Pergunungan Alaska.

Denali
Denali. (britannica).*

6. Vinson Massif (Antartika) 4.892 m/ 16.050 kaki

Vinson Massif terhampar sekira 965 kilometer dari kutub selatan. Titik tertingginya terletak di dataran tinggi di Sentinel Range di Pergunungan Ellsworth Antartika Barat. Satu-satunya waktu terbaik untuk mandaki di sana adalah Desember hingga Januari selama musim panas di Antartika.

Vinson Massif
Vinson Massif. (amical-alpin).*

7. Everest (Asia) 8.848 m/ 29.029 kaki

Ini adalah puncak tertinggi di dunia yang menjulang di perbatasan Nepal dan Tibet. Sering kali kebanyakan orang menyebutnya sebagai atap dunia. Rekomendasi pendakian puncak ini adalah April dan Mei yakni selama bulan sebelum musim hujan di Pergunungan Himalaya. *

Everest
Everest. (reuters).*

Silakan baca:

Ini 7 Puncak Tertinggi di Indonesia, Salah Satunya Bersalju

 

Sumber: sevensummits.com