7 Objek Wisata Menarik di Dataran Tinggi Dieng

Dataran Tinggi Dieng
Panorama Dataran Tinggi Dieng.

 

BandungKlik – Dataran Tinggi Dieng merupakan salah satu magnet utama wisata alam di Jawa Tengah, menyajikan keindahan alam yang asri dan menakjubkan. Kawasan ini secara geografis berada di 6 kabupaten, yaitu Wonosobo, Banjarnegara, Batang, Pekalongan, Temanggung, dan Kendal. Namun, objek wisatanya lebih banyak berada di Wonosobo dan Banjarnegara.

Sedikitnya ada 7 objek wisata menarik yang wajib dikunjungi saat liburan ke kawasan yang dijuluki negeri di atas awan tersebut. Selain objeknya menarik, juga lokasinya berdekatan satu sama lain. Jadi, sekali liburan ke Dieng bisa sekaligus menikmati 7 objek wisata.

Berikut 7 objek wisata di Dieng yang wajib dikunjungi!

Gunung Prau

Gunung dengan ketinggian mencapai 2.565 mdpl ini, banyak mengundang para pendaki. Saking indahnya, panorama alamnya selalu membuat kerinduan.

Di sana, pendaki dapat menikmati sensasi magisnya panorama matahari terbit, lautan awan, serta lanskap berbagai gunung yang tampak dari puncak Gunung Prau. Bahkan sebagian pendaki menyebut sunrise di Gunung Prau menjadi yang terbaik se-Asia Tenggara.

Bukit Sikunir

Jika Gunung Prau dirasa masih terlalu tinggi, bisa memilih Bukit Sikunir yang bisa menjadi alternatif untuk menikmati keindahan panorama alam Dieng. Bukit Sikunir memiliki ketinggian 2.300 mdpl.

Bukit ini menawarkan keindahan berupa pemandangan 8 gunung di sekitarnya yang dapat terlihat dari puncak bukit. Sama seperti Gunung Prau, Bukit Sikunir pun tenar dengan panorama golden sunrise-nya yang bisa disebut terbaik.

Silakan baca: Mie Ongklok, Kuliner Primadona Wonosobo

Untuk dapat mencapai puncak Bukit Sikunir, wisatawan harus berjalan selama 30-45 menit dari bawah. Fasilitas tangga juga sudah tersedia dan jalurnya tidak sesulit Gunung Prau.

Telaga Cebong

Saat menuju ke Bukit Sikunir di atas, wisatawan pasti akan melewati Telaga Cebong. Sebab telaga inilah yang menjadi titik awal untuk mulai mendaki ke Bukit Sikunir, sekaligus tempat parkir kendaraan.

Di sekeliling Telaga Cebong, wisatawan pun diperbolehkan berkemah sembari menunggu waktu untuk mendaki Bukit Sikunir pada dini hari. Area camping-nya juga terbilang luas dan mampu menampung ratusan tenda.

Telaga Warna

Berikutnya ada Telaga Warna yang menjadi salah satu ikon wisata di Dieng, sekaligus destinasi favorit pengunjung. Wisatawan bisa menyusuri jalan setapak yang mengelilingi danau. Telaga Warna bersebelahan dengan Telaga Pengilon.

Dikatakan Telaga Warna karena airnya bisa berubah warna. Mulai dari hijau, kuning, atau seperti warna pelangi. Hal ini disebabkan kandungan belerang yang cukup tinggi di Telaga Warna.

Batu Pandang Ratapan Angin

Spot Batu Pandang Ratapan Angin menjadi lokasi untuk menikmati Telaga Warna dari ketinggian. Akses masuk ke lokasi Batu Pandang Ratapan Angin berada tak jauh dari Telaga Warna. Wisatawan tinggal berjalan kaki saja menuju lokasinya.

Candi Arjuna

Tak lengkap rasanya berkunjung ke Dataran Tinggi Dieng tanpa menyambangi kompleks Candi Arjuna. Candi ini merupakan peninggalan Kerajaan Mataram Kuno. Di sana, terdapat 5 candi yang saling berjajar lurus.

Selain sebagai objek wisata, kompleks Candi Arjuna juga menjadi lokasi ritual cukuran rambut gimbal yang diadakan setiap tahun. Wisatawan juga dapat menikmati fenomena embun upas atau fenomena kristal es yang muncul di Dieng.

Kawah Sikidang

Objek wisata Kawah Sikidang berada di dekat kompleks Candi Arjuna, sehingga menjadikannya sebagai lokasi yang wajib dikunjungi. Kawah Sikidang merupakan salah satu kawah vulkanik yang masih aktif di Dieng.

Silakan baca: Tujuh Wisata Gunung Terfavorit di Jawa Barat

Saat mengunjungi Kawah Sikidang, wisatawan dianjurkan memakai masker. Sebab, bau belerang dari kawah tersebut sangat menyengat.*

 

Sumber & Foto: visitjawatengah