BandungKlik – Setelah sebulan berpuasa, Umat Muslim akan merayakan kemenangan di hadi Idul Fitri. Dalam perayaan tersebut biasanya diwarnai ragam makanan ikonik khas Idul Fitri yang bercita rasa lezat.

Berikut ini ada 7 makanan ikonik khas perayaan Idul Fitri yang sudah menjadi tradisi masyarakat di Indonesia. Mulai dari makanan berat sampai kue-kue ada saat lebaran nanti.

Ketupat 

Makanan yang satu ini sudah menjadi menu wajib dan khas saat Idul Fitri. Ketupat dibuat dari beras yang dimasak dalam anyaman daun kelapa atau janur. Biasanya menjadi pengganti nasi saat santap bersama keluarga di momen Lebaran.

Ketupat juga memiliki aneka bentuk anyaman yang unik. Beberapa bentuk ketupat yang paling umum, diantaranya ketupat bawang, ketupat luwar, dan ketupat tumpeng.

Opor

Opor juga termasuk makanan ikonik Idul Fitri. Makanan berkuah ini, biasanya berisi campuran ayam, telur, dan juga tahu. Paling nikmat saat disantap bersama ketupat dan juga taburan bawang goreng.

Rasa gurih pada kuah opor ini terletak di bumbu dasar kuning yang ditumis. Kemudian dimasak bersama santan hingga kuah meresap ke dalam bahan-bahan di dalamnya.

Sambal goreng hati

Setelah ada ketupat dan opor, maka akan lebih lengkap lagi ditambah sambal goreng hati. Makanan gurh dan sedikit pedas ini, merupakan menu wajib juga di hari Lebaran.

Silakan baca: Aneka Kuliner Khas Sunda Cocok Buat Buka Puasa

Di dalamnya berisi perpaduan kentang balado dengan hati sapi atau hati ayam. Jika Anda menyukai jeroan, bisa ditambah jantung ayam atau paru sapi ke dalam olahan ini.

Rendang

Rendang selalu menjadi primadona atau bintang utama dari ragam kuliner khas Idul Fitri di masyarakat Indonesia. Kelezatan makanan ikonik khas Sumatera Barat ini pun sudah mendunia.

Masakan rendang identik dengan bahan utama daging sapi. Namun bisa dibuat juga dengan bahan paru sapi, daging ayam, telur, atau kentang.

Memasak rendang cukup memakan waktu lama. Diolah dengan banyak bumbu seperti, santan, ketumbar, bawang merah, bawang putih, kemiri sangrai, lengkuas, daun kunyit, serai, dan rempah lainnya.

Nastar

Di luar masakan lauk pauk, aneka kue kering juga meramaikan Hari Raya Idul Fitri. Salah satunya kue nastar yang sudah menjadi ikon perayaan Lebaran di Indonesia. Kue bulat berisi selai nanas ini, memiliki rasa gurih dan manis yang berpadu dengan adonan lembut dan lumer di mulut.

Kastangel

Para pecinta keju pasti sudah menunggu kehadiran kue kering ini di hari Lebaran. Ya kue Kastangel namanya. Adonan kastangel terdiri dari parutan keju dengan mentega cair, susu, telur, dan tepung terigu.

Ditambah taburan keju parut krispi di bagian atas kue kastangel. Cita rasa gurih kue ini selalu membuat ketagihan dan banyak diburu di Hari Raya Idul Fitri.

Putri Salju

Masih makanan kue kering, ada kue Putri Salju yang menjadi kuliner ikonik perayaan Idul Fitri. Nama putri salju sendiri muncul karena taburan gula halus pada permukaan kue berbentuk seolah seperti salju.

Silakan baca: 15 Destinasi Wisata Kuliner Berbagai Kota di Indonesia

Rasanya mirip kue kacang dengan tambahan gula halus yang membuat sensasi kue semakin manis dan lebih gurih berkat campuran susu bubuk di dalamnya. Kue salju juga memiliki tekstur yang sangat lembut dan lumer saat masuk ke mulut.*

 

Sumber: indonesia.travel