7 Kuliner Jakarta Legendaris yang Wajib Dicoba

Kuliner Jakarta
Soto Betawi H. Ma'ruf

 

BandungKlikJakarta sebagai ibu kota negara, menjadi pusat akulturasi dan asimilasi berbagai budaya dari berbagai daerah di Indonesia. Hal inilah yang membuat kuliner Jakarta beragam, bahkan ada yang sudah menjadi sajian legendaris.

Jenis kulinernya sangat beragam dan memiliki karakter masing-masing. Berikut ini ada 7 kuliner Jakarta legendaris yang mampu bertahan sejak lama.

Bakmi Gang Kelinci

kuliner jakarta legendaris

Bakmi Gang Kelinci menjadi kuliner Jakarta legendaris yang wajib dicoba. Restoran bakmi ini dirintis sejak tahun 1957.

Kini, keberadaannya sudah tersebar luas di kota Jakarta, cabangnya ada di Pasar Baru, Cengkareng, Kuningan, Menteng, Kemayoran, Blok M, serta Grogol.

Menu yang disajikan cukup banyak, mulai dari bakmi ayam, i fu mie, kwetiau, sampai nasi goreng. Keunggulannya, diolah juru masak mumpuni, menggunakan bahan terbaik, sehingga dijamin lezat.

Gabus Pucung Dapur Betawi

Gabus pucung Jakarta

Gabus pucung merupakan masakan khas Betawi berupa olahan ikan gabus serta kluwek dengan rasa gurih dan asam. Nah di Jakarta, penjual gabus pucung yang sudah melegenda, yakni Gabus Pucung Dapur Betawi Cabe 5.

Silakan baca: 5 Kuliner Khas Betawi, Bisa Dinikmati di Jakarta Via Online

Selain menyajikan gabus pucung yang lezat, tempat ini juga bernuansa tempo dulu. Lokasinya berada di Jl. Raya Parung, Ciputat.

Laksa Betawi Assirot

Kuliner Laksa Betawi

Laksa Betawi Assirot menjadi salah satu kuliner Jakarta yang sudah melegenda sejak tahun 1978. Dengan racikan resep yang sudah turun-temurun. Lokasinya ada di di Jalan Assirot, Kebayoran Lama.

Kenikmatannya berasal dari perpaduan sempurna antara kuah santan penuh rempah dan beraneka macam olahan lainnya. Antara lain ketupat, tauge, daun kemangi, daun kucai, dan bawang goreng.

Silakan baca: 15 Destinasi Wisata Kuliner Berbagai Kota di Indonesia

Para pengunjung pun bisa memilih lauk tambahan. Seperti semur daging, empal, jengkol, tahu, tempe, kentang, dan telur.