7 Destinasi Wisata di Aceh Raih Anugerah Pesona Indonesia

destinasi wisata aceh
Museum Tsunami Aceh raih Juara I Destinasi Wisata Unik Terpopuler API 2020. (dok. @ museumtsunami.id)

 

BandungKlik – Tujuh destinasi wisata yang tersebar di kota/kabupaten di Provinsi Aceh berhasil meraih penghargaan Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020. Award yang digelar oleh Ayo Jalan Jalan ini, berlangsung di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (20/05/21).

Mengutip dari laman disbudpar.acehprov.go.id, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh Jamaluddin menuturkan, penghargaan yang diberikan kepada Kabupaten/Kota di Aceh pada API Award tersebut menjadi kesempatan dan momentum kebangkitan pariwisata di Serambi Mekkah untuk bangkit kembali pada masa pandemi saat ini.

“Kami sangat bersyukur, mengingat sejumlah objek dan tujuan wisata di provinsi Aceh mendapat penghargaan di level nasional,” ungkap Jamaluddin.

Ia juga mengapresiasi langkah-langkah yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan di Kabupaten/Kota serta masyarakat Aceh yang terus mendukung dan mempromosikan beragam atraksi pariwisata. Sehingga pariwisata Aceh bisa kembali bangkit di tengah kondisi Pandemi COVID-19 ini.

Silakan baca: CoE Aceh 2021, Kebangkitan Pariwisata Tanah Rencong

Dalam ajang API 2020 tersebut, terdapat 7 nominasi yang berhasil diraih oleh kabupaten/kota. Yaitu Banda Aceh, Bener Meriah, Aceh Selatan, Langsa, dan Aceh Tengah dengan sejumlah destinasi wisata.

Ketujuh peraih API 2020 ini, antara lain Kabupaten Aceh Tengah yang berhasil meraih juara 2 dalam kategori Destinasi Belanja Terpopuler untuk Kampung Kerawang Gayo Bebesen.

“Untuk Kabupaten Aceh Selatan berhasil menjuarai 2 kategori, yakni Rencong Batu sebagai Juara I kategori Cinderamata terpopuler. Dan Surfing Samadua sebagai juara III kategori wisata Air Terpopuler,” papar Jamaluddin.

Selanjutnya Kota Langsa dengan Rampoe Aceh berhasil meraih juara I pada kategori Atraksi Budaya Terpopuler. Kabupaten Bener Meriah dengan 2 penghargaan, yakni Kampung Damaran Baru Eco-Village sebagai juara I kategori ekowisata terpopuler dan Tugu Radio Rimba Raya juara II pada Kategori Situs Sejarah.

Silakan baca: NTT Juara Umum Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020

Terakhir, Museum Tsunami Aceh yang berada di Kota Banda Aceh meraih juara I untuk kategori Destinasi Wisata Unik Terpopuler.*