6 Kegiatan Seru Perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia

Hari Kemerdekaan Indonesia
Mengibarkan bendera merah putih di spot destinasi wisata alam.

 

BandungKlik – Momentum Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang biasa diperingati setiap 17 Agustus selalu dirayakan dengan berbagai kegiatan seru di berbagai pelosok Indonesia. Keseruan yang selalu dinanti dan dirindukan seluruh masyarakat Indonesia.

Berbagai kegiatan tersebut mulai dari upacara bendera, menghias kampung dengan ornamen serba merah putih, pawai kemerdekaan, panggung hiburan, hingga ikutan keseruan lomba khas 17-an.

Meski tahun ini masih belum bisa merayakan momentum kemerdekaan seperti biasanya karena masih kondisi pandemi, namun kita masih bisa merasakan euforia kemerdekaan dengan nostalgia kegiatan-kegiatan perayaan Hari Kemerdekaan RI.

Berikut ada 6 kegiatan seru yang bisa membuka memori kita akan keseruan 17 Agustus-an yang pernah dirasakan di tahun-tahun sebelumnya.

Perlombaan Khas 17 Agustus-an                                                      

Berbagai perlombaan 17 Agustus-an selalu memberikan kenangan seru dan membuat kangen. Gelaran lomba-lomba tersebut memang menjadi hal yang wajib dalam setiap perayaan Hari Kemerdekaan.

Silakan baca: Duplikat Bendera Merah Putih Ternyata Dibuat di Bandung

Jenis lomba yang dimainkan pada umumnya, diantaranya lomba makan kerupuk, balap karung, panjat pinang, balap bakiak, tarik tambang, dan sepeda hias. Diikuti semua kalangan usia, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa.

Pawai Obor

Di beberapa daerah di Indonesia, pawai obor keliling kampung sudah menjadi tradisi setiap tahun dan digelar pada malam Hari Kemerdekaan. Biasanya, peserta pawai yang terdiri dari anak-anak hingga orang dewasa konvoi berjalan kaki keliling kampung sambil membawa obor.

Suasana pun semakin semarak penuh semangat karena peserta berpawai sambil menyanyikan lagu-lagu nasional. Selain seru, rasa kebersamaannya juga sangat terasa.

Jelajah Museum Bersejarah

Berikutnya ada kegiatan jelajah museum bersejarah yang biasa dilakukan sebagai alternatif dalam merayakan Hari Kemerdekaan. Selain menambah edukasi, kegiatan ini pun bisa jadi pengingat jasa perjuangan para pahlawan saat merebut kemerdekaan.

Silakan baca: Mengenal Sejarah Perjuangan di Museum PETA Bogor

Beberapa pilihan museum yang kental akan pesan perjuangan kemerdekaan bisa ditemukan di Jakarta. Seperti Museum Perumusan Naskah Proklamasi dan Gedung Museum Joang 45.

Ziarah ke Makam Pahlawan

Kemerdekaan Indonesia tak lepas dari jasa besar perjuangan para pahlawan yang telah rela berkorban jiwa dan raga. Nah, momentum kemerdekaan juga biasa dirayakan dengan mengunjungi makam para pahlawan sebagai bentuk penghormatan dan mengenang jasa-jasa mereka.

Upacara Bendera

Mengikuti upacara bendera pada peringatan Hari Kemerdekaan RI akan terasa sangat istimewa. Baik upacara di sekolah atau tingkat daerah. Pelaksanaan detik-detik pengibaran Sang Saka Merah Putih seolah menghipnotis dan membuat hanyut mendalami betapa indahnya kemerdekaan ini. Apalagi jika Anda pernah menjadi petugas pengibar bendera alias Paskibra, rasanya pasti jauh lebih berkesan.

Mengibarkan Bendera di Destinasi Wisata

Bagi para pehobi berpetualang di destinasi wisata alam Indonesia, momen Hari Kemerdekaan RI biasanya diisi dengan misi mengibarkan bendera merah putih. Ada yang memilih mendaki ke puncak gunung dan mengibarkan bendera merah putih di atas ketinggian. Kemudian ada pula yang memilih destinasi seperti laut sebagai spot pengibaran bendera di bawah laut yang terbilang anti mainstream.

Silakan baca: Rumah Rengasdengklok, Saksi Bisu Sejarah Proklamasi

Itulah beberapa kegiatan seru yang biasa digelar saat perayaan Hari Kemerdekaan RI. Pasti akan merasa kangen dan mengenang jauh ke belakang. Semoga badai pandemi ini cepat berlalu dan kini kita tetap berjuang dengan terus menerapkan protokol kesehatan agar dapat melindungi diri sendiri dan orang-orang yang kita cintai! Merdeka!*

 

 

Sumber & Foto: indonesia.travel