6 Kebun Raya di Indonesia, Rekomendasi Wisata Keluarga

Kebun Raya Bogor Indonesia
Kebun Raya Bogor. (dok. indonesia.travel)

 

BandungKlik – Kebun raya di Indonesia menjadi pilihan tepat destinasi wisata bersama keluarga. Dengan panorama alam, udara sejuk, pepohonan hijau nan rindang, dan edukasi tentang flora sangat cocok untuk keseruan sang buah hati.

Apalagi di saat situasi pandemi sekarang ini, berlibur ke kebun raya terbilang aman. Namun tetap harus mematuhi protokol kesehatan yang ada. Berikut 6 rekomendasi kebun raya di Indonesia yang cocok dikunjungi bersama keluarga.

Kebun Raya Bogor, Jawa Barat

Kebun raya ini merupakan salah satu kebun raya yang cukup populer di Indonesia. Dibangun sejak zaman kolonial Belanda. Kebun Raya Bogor juga dikenal dengan nama Kebun Botani Bogor.

Di sana, pengunjung dapat melihat 400 jenis pohon palem, 5.000 jenis pepohonan tropik dari berbagai negara, 3.000 jenis anggrek dan ribuan jenis tanaman lainnya. Selain itu, jangan lewatkan ragam kuliner lokal khas Kota Bogor, seperti soto mie, tauge goreng, dan asinan Bogor.

Kebun Raya Samosir, Sumatera Utara

Kebun Raya Samosir Indonesia
Kebun Raya Samosir, Sumut. (dok. lipi.go.id)

Kebun Raya Samosir memiliki keindahan pegunungan di atas kaldera terbesar di dunia, Danau Toba. Selain menikmati panorama lanskap Danau Toba, juga bisa melihat berbagai koleksi pepohonan dan tumbuhan yang sangat lekat dengan budaya Batak.

Seperti tanaman obat-obatan, pewarna alami untuk membuat kain ulos, berbagai jenis rempah dan buah-buahan, serta beberapa jenis pohon pinus endemik. Di sekitarnya pun ada bangunan berarsitektur dengan ornamen filosofi adat Batak, misalnya ukiran cicak yang berarti kesetiaan.

Jangan lupa juga untuk mencicipi hidangan ikan mas arsik khas Batak yang dimasak dengan 16 jenis rempah. Hidangan yang cukup populer di sana.

Kebun Raya Cibodas, Jawa Barat

cibodas, Cianjur, Indonesia
Kebun Raya Cibodas, Cianjur. (dok. indonesia.travel)

Masih di Jawa Barat, ada Kebun Raya Cibodas. Berlokasi di Cipanas, Kabupaten Cianjur. Di sana, pengunjung bisa melihat berbagai koleksi jenis bunga, taman lumut, pakis dan pohon yang tumbuh rimbun.

Dengan topografi lahan berbukit-bukit, menjadikan tempat ini berhawa sejuk, sangat nyaman untuk bersantai sembari menghabiskan waktu bersama keluarga. Terdapat pula kedai-kedai makanan yang menyajikan ragam kuliner lokal khas Cianjur, diantaranya geco, bubur ayam Cianjur, dan bandrek.

Kebun Raya Kuningan, Jawa Barat

Kebun kuningan Jawa Barat,
Kebun Raya Kuningan Jawa Barat. (dok. indonesia.travel)

Satu lagi dari Jawa Barat yang tak kalah indahnya, yaitu Kebun Raya Kuningan yang berada di bawah kaki Gunung Ciremai, Kabupaten Kuningan. Tempat seluas 156 ha ini, berupa perbukitan yang dipenuhi pepohonan.

Dilengkapi taman-taman tematik, seperti Rock Garden, Taman Endemik Ciremai atau Green House. Anda juga bisa beristirahat di beberapa kedai kopi sambil mencicipi makanan khas Kuningan. Mulai dari opak bakar, tape ketan, keripik gemblong, tahu lamping sampai kwecang.

Kebun Raya Purwodadi, Jawa Timur

 Purwodadi, Indonesia
Kebun Raya Purwodadi. (dok. indonesia.travel)

Bergeser ke Jawa Timur, Anda bisa mengajak keluarga berlibur ke Kebun Raya Purwodadi. Di area seluas 85 hektare ini, terdapat 2.000 jenis tumbuhan dari 11.000 spesies yang ada. Hawa udaranya pun sejuk karena berada di atas pegunungan. Dilengkapi pula bangunan gazebo di tengah-tengah taman untuk beristirahat.

Pengunjung pun bisa melihat koleksi berbagai jenis anggrek dan beberapa jenis bunga lainnya di rumah kaca. Tak lupa untuk menikmati kuliner khas di Purwodadi, seperti garang asem, sayur pencok dan mi tek-tek. Saat pulang, belilah oleh-oleh Purwodadi yangko godong, kue semprong, sale pisang, hingga emping jagung.

Kebun Raya Eka Karya, Bali

Kebun Raya Eka Karya Bali
Kebun Raya Eka Karya Bali. (dok. indonesia.travel)

Selain wisata pantainya yang tersohor, Bali juga mempunyai Kebun Raya Eka Karya yang cocok untuk liburan keluarga. Destinasi seluas 157,5 hektare ini, menyajikan kelestarian lingkungan alam hijau, tertata rapi, dan bersih dengan udara sejuk khas pegunungan.

Silakan baca: Wisata Sambil Edukasi Nuklir di BATAN Bandung

Di dalamnya terdapat ratusan koleksi jenis pohon dan berbagai jenis kaktus. Dilengkapi pula dengan fasilitas outbond. Lelah beraktivitas, di situ Anda bisa mencicipi tipat cantok yang menjadi sajian khas daerah Bali.*

 

Sumber: indonesia.travel