5 Varian Kopi Khas Sumatera Utara, Wajib Dicoba!

kopi sumatera utara
dok. indonesia.travel

 

BandungKlik – Potensi alam Sumatra Utara memang sangat besar dan membanggakan. Bukan hanya objek wisata, namun juga hasil alamnya berupa kopi. Cita rasa yang unik nan menggoda, membuat kopi Sumatera Utara mampu menyihir para penikmat kopi di Indonesia maupun di penjuru dunia

Berikut ini ada 5 varian kopi khas Sumatera Utama (Sumut) yang wajib dicoba kala berkunjung ke wilayah Sumatera Utara. Bersumber dari laman indonesia.travel.

Kopi Sidikalang

Kopi yang satu ini merupakan salah satu primadona kopi dari tanah Batak. Sesuai dengan namanya, kopi ini berasal dari daerah Sidikalang, Kabupaten Dairi, Sumatra Utara. Kopi tersebut tumbuh di Bukit Barisan yang berhawa sejuk dengan ketinggian 1.500 mdpl. Memiliki tekstur lebih halus dibandingkan jenis kopi lainnya. Aromanya pun tidak terlalu kuat, sehingga cocok untuk dikonsumsi siapa pun.

Kopi Sipirok

Berbeda dengan kopi jenis lainnya yang didominasi rasa buah, kopi sipirok justru cukup kuat dengan rasa rempah. Aromanya pun tercium sangat khas arabika yang pekat.  Ciri lain dari kopi sipirok, yaitu rasa pahit yang kental dengan rasa sedikit manis karena tingkat keasamannya yang rendah. Kopi ini terbilang aman dikonsumsi bagi penderita asam lambung.

Silakan baca: Mencoba 5 Aktivitas Seru Ekowisata di Sumatera Utara

Kopi Mandailing

Sejak era 1980-an, kopi mandailing sudah sohor sebagai salah satu kopi terbaik di dunia. Kopi ini pertama kali ditanam di Kawasan Mandailing Natal, tepatnya di daerah Pekantan. Namun, perkebunannya ada juga di Desa Simpang Banyak dan Desa Pagur. Terdapat pula di daerah Tapanuli, Pakpak, dan Tanah Karo.

Cita rasa khas kopi mandailing yang digemari para pencinta kopi dunia, yakni tingkat keasaman yang rendah dan kekentalan yang tinggi. Sementara itu, jenis kopi arabika menjadi yang paling disukai dari kopi mandailing.

Kopi Tarutung

Nama kopi ini sesuai tempat asalnya, yaitu Tarutung, Ibu Kota Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatra Utara. Seperti pada umumnya, kopi tarutung juga terbagi menjadi dua jenis, yaitu kopi arabika dan robusta.

Silakan baca: Kopi Tung Tau, Secangkir Kenikmatan dari Bangka

Keistimewaannya tersimpan pada kualitas rasa dan aromanya. Didominasi rasa pahit, gurih, dan sedikit asam. Uniknya, aroma kopi ini sangat spesial dengan wangi yang berbeda-beda karena terpengaruh oleh berbagai tanaman yang tumbuh di sekitarnya.

Kopi Lintong

Kopi lintong memiliki nama yang diambil dari asal daerahnya, yaitu Kecamatan Lintong Nihuta, Kabupaten Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara. Karakteristik yang dimiliki kopi jenis arabika ini adalah tekstur lembut dan aromanya tajam. Kopi lintong mempunyai rasa yang khas, yaitu perpaduan rasa pedas, herbal, rempah, kacang, dan coklat.

Itulah varian jenis kopi di Sumut dengan keunikan masing-masing dan cita rasanya yang berbeda. Beberapa jenis kopi tersebut, kini menjadi pilihan oleh-oleh khas Sumatera Utara. *