5 Ucapan Untuk Tahun Baru Imlek 2021, Tahun Shio Kerbau

Imlek 2021
Tahun Baru Imlek 2021, Tahun Shio Kerbau. (Foto: freepik.com)

 

BandungKlik – Hari Raya Tahun Baru Imlek 2021 akan jatuh pada tanggal 12 Februari 2021 mendatang. Seperti diketahui, tahun 2021 ini sama dengan tahun 2572 kalender China, dengan shio kerbau.

Tahun Baru Imlek biasanya dirayakan dengan pesta kembang api dan pesta kegembiraan warga keturunan Tionghoa di mana pun mereka berada, termasuk di Indonesia. Namun yang sudah menjadi tradisi leluhur mereka pada saat Imlek, yaitu orang-orang akan saling mendoakan dan berharap mendapatkan hal baru yang lebih baik.

Berikut ini ada 5 kalimat yang populer dan baik untuk memberikan ucapan selamat tahun baru Imlek 2021 kepada orang-orang yang merayakannya. Dirangkum dari berbagai sumber.

Gong Xi Fa Cai

Gong Xi Fa Chai  menjadi kalimat yang paling populer dan sering terdengar kala momen Imlek tiba. Pada Tahun Baru Imlek 2021 sekarang pun, kata ini masih baik sebagai ucapan selamat.

Secara harfiah, Gong Xi Fa Cai memang bukan berarti selamat tahun baru, melainkan selamat berbahagia dan kaya raya serta sejahtera.

Xin Nian Kuai Le

“Xin Nian Kuai Le” memiliki arti “selamat tahun baru”. Kalimat ini pun memang biasa diucapkan setiap kali bertemu dengan orang lain saat perayaan Imlek.

Silakan baca: Jadwal Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2021

Xin Nian Kuai Le bukan hanya sering diucapkan, namun juga biasa menjadi sebuah tulisan yang dipajang pada ornamen-ornamen dekorasi Imlek. Umumnya dipasang di ruang tamu atau di ruang keluarga.

Penggunaan kata Xin Nian Kuai Le juga kerap dipakai sebagai ucapan selamat pada perayaan tahun baru Masehi bagi sebagian orang. Ibaratnya sama seperti mengucapkan, “Happy New Year!”

Nian Nian You Yu

Ucapan berikutnya, yakni “Nian Nian You Yu”. Secara harfiah berarti “tahun tahun ada sisa”. Makna tersebut memang agak sulit dipahami maknanya dan hubungannya dengan momen Imlek.

Namun kebanyakan orang mengucapkan kalimat ini dengan maksud untuk mendoakan agar setiap tahun kita tetap ada sisa. Baik dalam hal berkat atau kekayaan dan tidak akan kehabisan akan hal tersebut. “Semoga semakin makmur dan sejahtera” juga bisa menjadi makna lain dari ucapan kalimat ini.

Kalimat tersebut juga identik dengan lambang ikan, yang bermakna berkah melimpah. Asal-usulnya, karena kemiripan penulisan latin dan cara baca, kata Yu (sisa) sering dibaca Yu (ikan). Akhirnya menjadikan ikan sebagai lambang berkah yang melimpah.

Shen Ti Jian Kang

Ucapan “Shen Ti Jian Kang” berarti “tubuh sehat”. Jika dalam ucapan sehari-hari bermakna “sehat-sehat selalu ya!”.

Kalimat ini diucapkan dengan harapan mendoakan orang lain agar bisa memiliki tubuh yang sehat sepanjang tahun. Sehat jasmani dan rohani sehingga bisa menjalani kehidupan dan menggapai apapun sesuai keinginan.

Karena bermakna baik dan cocok untuk mendoakan orang dalam menjalani kehidupan ke depannya, akhirnya kalimat Shen Ti Jian Kang sering diucapkan saat perayaan Tahun Baru Imlek.

Wan Shi Ru Yi

Ucapan terakhir ini mempunyai makna, “seribu masalah sebagai makna” atau “seribu masalah seperti yang diharapkan”. Tampak membingungkan ya? Tapi tunggu dulu! Kalimat tersebut sebenarnya sebuah doa yang berbunyi “segala hal sesuai harapan” atau “seribu masalah berjalan sesuai harapan”.

Kalau dalam bahasa Inggris, seperti ucapan “hope all your dream come true”. Maksudnya, meskipun ada masalah yang datang, masalah tersebut akan dapat diatasi dengan baik sesuai dengan harapan kita.*