5 Restoran Unik di Dunia, Salah Satunya di Indonesia

Ali Barbour's restoran unik di dunia
Ali Barbour's Cave Restaurant di Kenya. (dok. Ali Barbour's)

 

BandungKlik –  Restoran unik di dunia tak hanya menyajikan kuliner yang lezat, namun memiliki tempat yang luar biasa dan antimainstream. Seperti di bawah permukaan tanah, bawah laut, di dalam gua, sampai di dalam bangunan es abadi.

Beberapa restoran unik di dunia ini, mempunyai waktu khusus untuk reservasi. Meski begitu restorannya tetap dipenuhi para tamu dan tersohor di dunia. Karena makan di restoran unik tersebut bisa memberikan pengalaman yang mengagumkan dan tak terlupakan.

Restoran unik tersebar di beberapa negara, termasuk Indonesia. Berikut 5 restoran unik di dunia dirangkum dari berbagai sumber.

Alibarbour’s Cave Restaurant

Restoran Alibarbour’s Cave berada 10 meter di bawah tanah, di sebuah gua karang kuno dengan pahatan alami yang terbuka ke langit. Lokasinya di kawasan Pantai Diani, Kenya, tepat di sebelah Forty Thieves Beach Bar, dan Flamboyant Boutique Hotel.

Di sana, pengunjung bisa menikmati hidangan makan malam dengan menu bogabahari dan ditemani segelas wine, sambil menatap langit malam yang dihiasi bintang. Sungguh suasana yang romantis dan menakjubkan.

Silakan baca: 5 Hotel Minimalis di Dunia, Tampil Menakjubkan

Restoran ini buka untuk makan malam mulai pukul 18.30 setiap malam. Disarankan untuk reservasi meja terlebih dahulu. Reservasi bisa dilakukan langsung atau meminta hotel tempat menginap untuk melakukannya. Tersedia pula fasilitas antar jemput gratiske hotel-hotel di sepanjang Pantai Diani.

Ithaa Undersea Restaurant

Ithaa restoran unik di dunia
Ithaa Undersea Restaurant di Maladewa. (Foto: conradmaldives.com) 

Hampir sama dengan restoran pertama berada di bawah tanah, namun yang satu ini berada 5 meter di bawah laut. Ya, Ithaa Restaurant merupakan restoran bawah laut pertama di dunia, dengan pemandangan bawah laut 270 derajat.

Restoran yang berlokasi di Maladewa tersebut, dibuka pada April 2005. Dirancang dan dibangun oleh M.J. Murphy Ltd dari Selandia Baru. Sebagian besar bangunannya berbahan akrilik berukuran 5×9 meter dengan kapasitas 14 orang.

Ithaa memadukan kuliner cita rasa lokal dengan pengaruh Barat, serta wine yang berkualitas. Tersedia set menu makan siang dan makan malam. Bisa juga dipesan untuk makan malam pribadi, pernikahan, dan acara-acara khusus. Restoran juga membuka menu koktail di pagi hari.

Grotta Palazzese Restaurant

Grotta restoran unik di dunia
Grotta Palazzese di Italia. (Foto: grottapalazzese.it)

Grotta Palazzese merupakan restoran eksklusif di Polignano a Mare, Puglia, Italia. Terletak di gua alami, tempat yang dikenal dan digunakan untuk pesta serta perjamuan sejak era 1700-an. Namanya gua “Grotta Palazzese” (atau “di Palazzo”, begitu dulu disebut).

Restoran paling eksklusif di Italia ini, memiliki lounge luar ruangan (teras) yang terlindungi kubah gua dan bisa menampung hingga 150 orang. Di satu sisi menghadap ke laut dengan pemandangan lanskap pantai dan cakrawala laut yang indah. Di sisi lain menuju gua yang lebih besar, gua itu sendiri terdiri dari dua gua dengan ukuran berbeda.

Meski tampak ekstrem karena deburan ombak yang menghantam tebing tepat di bawah teras restoran, restoran tersebut terlihat angat cantik. Namun sayangnya, pengunjung harus menunggu pada Mei hingga Oktober untuk makan di sana.

The SnowCastle Restaurant

Snowcastle restoran unik di dunia
The SnowCastle Restaurant di Finlandia. (Foto: experience365.fi)

Berikutnya ada restoran unik yang dibangun dengan balok es abadi. Para tamu pun makan di dalamnya dengan merasakan suhu minus 5 derajat celcius. Jadi disarankan para tamu yang akan datang ke sana memakai pakaian hangat untuk musim dingin.

The SnowCastle Restaurant yang berlokasi di Kemi, Finlandia ini, tak hanya dinding yang terbuat dari balok es, tapi meja yang tersedia pun terbuat dari es. Restoran ini menyajikan ragam menu makanan hangat, seperti sup rusa, sup keju, dan sup krim jamur. Serta tersedia pula aneka minuman di bar es.

Samabe Cave Dinner

Samabe restoran unik di dunia
Samabe Cave Dinner di Bali. (Foto: samabe.com)

Restoran yang terakhir ini tak kalah dengan negara lain. Lokasinya ada di Indonesia, tepatnya di kawasan Pantai Samabe, Nusa Dua, Bali. Namanya Samabe Cave Dinner, restoran di dalam gua yang merupakan bagian dari Samabe Suites and Villas.

Gua Samabe adalah tempat paling populer untuk makan malam romantis, tempat pertemuan eksklusif untuk mengesankan mitra bisnis Anda, makan malam keluarga, perayaan, atau sekadar untuk makan di luar dan menikmati BBQ yang luar biasa dengan pemandangan gua yang fantastis.

Di sana pengunjung akan menikmati ragam menu lezat, dengan spesial menu 4 olahan seafood dan barbeque. Makan di Gua Samabe mulai dibuka pukul 18.00 dan tutup pukul 22.30.*