5 Mie Tradisional Indonesia, Nikmat dan Melegenda

MIe Koba, Mie tradisional Bangka
Mie Koba, salah satu mie tradisional asal Bangka. (Iwan Gunaesa/Bandung Klik).*

 

BandungKlik – Di setiap pelosok Indonesia, kita bisa banyak menemukan beragam kuliner tradisional, salah satunya olahan mie. Baik pilihan digoreng atau direbus, pedas atau manis, semuanya ada di sini.

Semua mie khas tersebut mempunyai cita rasa tersendiri, tapi yang pasti nikmat dan lezat hingga bisa melegenda. Berikut beberapa olahan mie tradisional Indonesia yang mungkin sudah tidak asing di lidah yang kami rangkum dari berbagai sumber.

Mie Aceh

Nama masakan mie ini sesuai daerah asalnya, Aceh. Mie dengan cita rasa khas berbumbu merah, pedas, beraroma macam-macam rempah. Tak sulit untuk mencari mie Aceh, karena warung atau restoran khas Aceh tersebar di hampir setiap kota besar di Indonesia.

Mie Koba

Mie Koba berasal dari daerah Koba, Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung. Rasanya sangat gurih karena Mie Koba berkuah ikan tenggiri dicampur rempah-rempah. Tampilannya mie kuning dengan suwiran ikan tenggiri, telur rebus, dibubuhi perasan jeruk kunci khas Bangka.

Silakan baca: Mencicipi Kelezatan Mie Koba Bangka

Mie Kocok

Selanjutnya ada mie kocok dari Bandung. Memiliki ciri khas mie kuning berbentuk pipih dicampur toge, berkuah bening, dan ditaburi irisan kikil kulit sapi. Beberapa tersedia pilihan tambahan bakso sapi atau tulang sapi. Agar lebih nikmat, disantap pedas dan taburi bawang goreng.

Mie Celor

Mie Celor merupakan olahan mie khas Palembang. Olahan mie yang satu ini sangat unik karena didominasi bahan makanan laut. Selain itu, penggunaan santan menjadikan kuahnya berbeda dari hidangan mie lain.

Bakmi Jawa (Mie Godog)

Bakmi Jawa atau dikenal juga dengan Mie Godok, memang sudah populer di masyarakat Indonesia. Karena mudah didapat dan penjualnya tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Bakmi Jawa sendiri berasal dari wilayah Jawa Tengah. Rasa manis menjadi ciri khas bakmi Jawa. Ditambah rasa kemiri dan merica yang cenderung kuat, lalu dilengkapi potongan daging ayam dan telur orak-arik, sungguh nikmat rasanya. *