5 Merek Jam Tangan Mewah Populer Debut Perdana Abad 20

jam tangan mewah populer
Jam tangan Franck Muller. (franckmuller.com).*

 

BandungKlik – Sejak pertama kali diproduksi abad ke-18 jam tangan terus berkembang baik dari sisi teknologi maupun desain. Perkembangan ini berlanjut pada abad ke-20 bahkan hingga hari ini. Merek-merek jam tangan mewah lahir dan populer di masyarakat terutama mereka yang berduit lantaran harganya boleh dibilang fantastis.

Tak dimungkiri, brand jam tangan mewah kebanyakan diproduksi di Swiss dan sohor di seantero jagat. Berikut 5 produsen jam tangan mewah populer produksi perdana abad ke-20. Adakah di antaranya yang menjadi favorit Anda dalam berpenampilan?

1. Rolex

(rolex.com).*

Kisah Rolex bermula ketika sang pendiri Hans Wilsdorf menciptakan jam tangan kedap air pertama, Oyster. Ia mengembangkannya hingga menjadi sebuah ikonik di jajaran jam tangan mewah. Pada 1905, Hans mendirikan perusahaannya itu di London dengan spesialisasi distribusi alat penunjuk waktu.

Saat itu ia meramalkan jam tangan bukan hanya akan menjadi elegan tetapi dapat diandalkan. Lima tahun setelah produksi perdana, Rolex menerima penghargaan Sertifikasi Presisi Kronometrik Swiss pertama di dunia. Pada 1919, ia memindahkan perusahaannya ke Jenewa Swiss yang sudah dikenal secara internasional.

2. Hublot

(hublot.com).*

Tak hanya sohor di sisi perangkat digital olahraga terutama sepakbola, Hublot juga populer di bidang jam tangan termasuk bagi atlet. Sejumlah ajang akbar sepakbola seperti Piala Eropa dan Piala Dunia tak lepas dari promosi efektif perusahaan tepatnya sebagai pencatat waktu resmi.

Salah satu seri terbaik jam tangan Hublot adalah Spirit of Big Bang. Seperti brand luks lainnya, perusahaan ini juga didirikan di Swiss tepatnya pada 1980 oleh seorang berkebangsaan Italia, Carlo Crocco. Hublot kini berkantor pusat di Nyon, Prancis.

Silakan baca: Bukan Rolex, Ini 4 Produsen Arloji Mewah Tertua di Dunia

3. Bell & Ross

(bellross.com).*

Perusahaan jam tangan ini berbasis di Paris tetapi manufakturnya di La Chaux-de-Fonds, Swiss. Tahun 1992, Bell & Ross didirikan dua sahabat yakni Bruno Belamich dan Carlos A Rosillo. Mereka punya visi yang sama untuk menghasilkan jam tangan fungsional dan tahan lama.

Bell & Ross awalnya diproduksi oleh perusahaan asal Jerman, Sinn. Namun, kemitraan tersebut bubar pada 2002. Salah satu model terbaiknya adalah Bell & Ross Hydromax 11 100 M. Pada 1998, model tersebut menjadi pemegang Rekor Dunia Guinness untuk jam tangan tahan air pada ketinggian 11.000 meter.

4. Franck Muller

(franckmuller.com).*

Selain salah satu yang terbaik, jam tangan Franck Muller adalah paling rumit di dunia. Pabrik ini didirikan di Jenewa Swiss oleh Franck Muller dan Vartan Sirmakes pada 1991. Visinya antara lain menciptakan jam tangan eksklusif yang bercirikan tingkat kerumitan tinggi dan desain orisinal.

Berkat kapabilitas internal yang kuat di bidang Haute Horlogerie, perusahaan muda ini begitu cepat dan pesat sebagai sebuah merek horlogerie Swiss terbaik. Yaitu, bukan hanya mewah tetapi juga masuk jajaran jam tangan kelas atas.

5. Richard Mille

(richardmille.com).*

Perusahaan jam tangan Richard Mille didirikan pada 2001 dan berbasis di Les Breuleux Swiss oleh Richard Mille dan Dominique Guenat. Meski masuk abad ke-21 tetapi Mille mulai merintisnya pada dekade 1990-an.

Merek ini berspesialisasi pada produksi jam tangan mewah. Seri awal yang diperkenalkannya adalah RM 001 Tourbillon sebanyak 17 jam tangan, lalu diikuti RM 002 Tourbillon dengan dua fitur baru dari debutnya. Yaitu, pelat dasar pergerakan dalam titanium dan indikator fungsi dengan posisi berliku, netral dan pengaturan tangan.

Tentu masih banyak brand terkenal lainnya yang punya tempat di hati masyarakat dunia. Dari tahun 1700-an hingga saat ini, produsen jam tangan mewah terus bersaing dengan keunggulannya masing-masing. *

Silakan baca: 6 Merek Jam Tangan Mewah Produksi Perdana Abad ke-19

Silakan baca: Rumah Mode Pierre Cardin akan Gelar Peragaan Busana