5 Kuliner Khas Betawi, Bisa Dinikmati di Jakarta Via Online

kuliner khas Betawi
Nasi Uduk Betawi

 

BandungKlikJakarta sebagai megapolitan menawarkan beragam kuliner tradisional berbagai daerah di Indonesia hingga kuliner modern. Termasuk aneka kuliner khas Betawi sebagai tuan rumahnya.

Berikut ini ada 5 rekomendasi kuliner khas Betawi yang kini masih bisa dinikmati di Jakarta. Pembeliannya pun bisa via ojek online!

Nasi Uduk Khas Betawi

Diawali dengan menu sarapan di Jakarta, ada pilihan nasi uduk khas Betawi. Nasi uduk ini memiliki aneka lauk sedikit berbeda, karena dilengkapi berbagai pilihan jenis semur. Seperti semur telur, semur tahu, semur tempe, hingga semur jengkol.

Lalu sambal di nasi uduk Betawi berupa sambal bumbu kacang yang menjadi ciri khasnya. Perpaduan nasi uduk santan gurih dengan rempah di dalam semur dan pedasnya sambal kacang, dijamin bakal ketagihan.

Ada sejumlah rekomendasi nasi uduk legendaris di Jakarta yang juga termasuk dalam deretan tempat makan murah di Jakarta Pusat dan bisa pesan via ojek online, yakni Nasi Uduk Gondangdia di Cikini, Menteng atau Nasi Uduk Ayam Goreng Zainal Fanani yang berlokasi di Kebon Kacang, Tanah Abang.

Kerak Telur

kuliner Betawi

Kerak telur merupakan camilan khas Betawi yang legendaris. Rasanya cukup unik karena bahan dasarnya terbuat dari ketan, ebi, kelapa sangrai, dan telur ayam atau bebek.

Lalu disangrai kering hingga menghasilkan bentuk serupa telur dadar. Sebelum disajikan, diberi taburan bumbu halus yang terbuat dari campuran kelapa sangrai, cabai merah, kencur, merica, jahe, dan gula pasir.

Silakan baca: 5 Minuman Tradisional Indonesia Berkhasiat untuk Tubuh

Penjual kerak telur mudah ditemui di sekitar Jakarta, beberapa di antaranya bisa dipesan lewat ojek online, seperti di kawasan Taman Mini, Ragunan, Monas, Setu Babakan, atau Kota Tua.

Asinan Betawi

Asinan Betawi

Kuliner khas Betawi berikutnya ada asinan Betawi yang merupakan asinan buah bercampur sayur dengan kuah kental yang menggugah selera. Kudapan ini sangat cocok disantap saat cuaca panas di siang hari. Terlebih lagi ditambah kerupuk mi kuning, kerupuk merah, dan sambal kacang pedas yang disajikan dalam keadaan dingin, rasanya jadi makin segar.

Untuk menikmatinya, bisa coba di beberapa tempat kulineran di Jakarta yang terkenal menjual asinan Betawi yang super enak, antara lain Asinan Betawi H. Mansyur di Rawamangun dan Asinan Betawi Ibu Yenni di Kebayoran Baru. Pembeliannya pun bisa via ojek online.

Soto Betawi

Soto Betawi

Soto Betawi memiliki kuah kental berisi potongan daging sapi atau kambing hingga jeroan. Kuliner ini pun identik dengan cita rasa bumbu rempah lezatnya yang sulit untuk ditolak. Isiannya terdapat potongan kentang, tomat, daging, serta jeroan seperti babat, paru, dan hati yang dihidangkan bersama perasan jeruk nipis, sambal, dan emping.

Untuk menu makan siang di Jakarta, ada beberapa penjual Soto Betawi yang bisa dipesan dengan ojek online, yaitu Soto Betawi H. Ma’ruf yang berlokasi di Cikini, Jakarta Pusat. Kedai ini sempat viral di Jakarta karena antreannya yang memakan waktu berjam-jam. Kalau di wilayah Jakarta Selatan, ada Soto Betawi H. Husein di Setiabudi yang juga tak kalah menarik untuk dicoba.

Gabus Pucung

Gabus Pucung

Terakhir, ada Gabus Pucung yang merupakan makanan tradisional Betawi. Sesuai namanya, bahan utama kuliner ini, yaitu ikan gabus yang dimasak dengan bumbu buah keluak yang sering digunakan dalam masakan khas Jawa, rawon. Rasa gabus pucung didominasi sensasi gurih berpadu asam, lengkap dengan daging ikan gabus yang tebal dan nikmat.

Silakan baca: Aneka Kuliner Khas Indonesia yang Ramah Vegetarian

Rekomendasi untuk mencoba makanan ini, bisa pesan lewat ojek online dari tempat makan yang terkenal dengan kelezatan menu gabus pucungnya, yaitu di Dapur Betawi, Pondok Cabe atau Rumah Makan H. Nasun, Jagakarsa.*

 

Sumber & Foto: indonesia.travel