5 Kota Pelabuhan Terindah di Dunia Maritim

kota pelabuhan
Venesia, Italia. (zopfitravel).*

 

BandungKlik – Tidak semua kota di dunia punya pelabuhan. Namun, hanya sedikit kota pelabuhan yang punya pesona indah. Kota seperti ini—tentu dekat dengan laut, biasanya menyajikan banyak hal unik dan menarik, mulai dari aspek sejarah hingga perdagangan.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut adalah 5 kota pelabuhan terindah di dunia maritim:

1. Dubrovnik, Kroasia

Tak syak lagi, Pelabuhan Gruz di Dubrovnik Kroasia dibilang tempat paling kentara di pantai Laut Adriatik. Sejak 1979, destinasi ini tercatat sebagai salah satu situs warisan dunia (UNESCO). Pelabuhan tersibuk di Eropa ini terletak sekira 2,5 kilometer di barat laut Kota Dubrovnik. Dubrovnik menyajikan warisan arsitektur kota tua yang indah di tepian Semenanjung Balkan dengan menggabungkan gaya renaisans, gotik dan barok. Karena keelokan kotanya itu, Dubrovnik dijuluki Mutiara Laut Adriatik.

Dubrovnik
Dubrovnik Kroasia. (shorebee.com).*

2. Venesia, Italia

Pada zamannya, pelabuhan di Venesia paling terkenal di Mediterania dalam sejarah dunia maritim. Kota indah dengan gaya arsitektur gotik yang dipengaruhi Byzantium dan Arab menjadikannya sebagai destinasi wisata terpopuler di Italia bahkan dunia. Venesia adalah kota terapung yang eksotis. Kota ini dikelilingi kanal-kanal di antara deretan bangunan dan gedung. Venesia juga dikenal sebagai kekuatan maritim yang besar selama abad pertengahan dan renaisans. Wilayah ini memainkan peran penting dalam sejarah musik simfoni dan opera.

kota pelabuhan Venesia
Venesia, Italia. (parkvia.com).*

Silakan baca:

5 Restoran Unik di Dunia, Salah Satunya di Indonesia

3. Istanbul, Turki

Istanbul tercatat sebagai kota terbesar sekaligus menjadi pusat budaya, ekonomi, dan keuangan di Turki. Perkembangan kota ini tak bisa dilepaskan dengan sejarah Byzantium dan Kontanstinopel. Kota di pelabuhan ini dianggap sebagai salah satu pelabuhan pelayaran utama di seputar Laut Marmara, Golden Horn, Laut Hitam dan Bosphorus yang mengelilingi kota di semua sisi. Atraksi utama Ibukota Kebudayaan Eropa tahun 2010 ini adalah pusat sejarahnya. Hagia Sophia—tempat ibadah yang pernah difungsikan sebagai museum sejak abad ke-6, berdiri megah di tepi laut.

istanbul
Istanbul, Turki. (fly2egy.com).*

4. Piraeus, Yunani

Kota pelabuhan Piraeus berjarak 7 mil dari Athena, tepatnya Attica. Dari ibu kota Yunani tersebut dapat ditempuh sekira setengah jam. Pelabuhan terbesar di Eropa dan dunia ini adalah jantung kehidupan budaya, politik, ekonomi, keuangan dan industri di negeri para filsuf. Piraeus terletak di cekungan Laut Mediterania dan sudah masyhur sejak zaman Yunani kuno. Pelabuhan itu digawangi sekira 2.500 karyawan yang melayani lebih dari 40.000 kapal dan 20 juta penumpang setiap tahun dan diproyeksikan menjadi pelabuhan komersial terbesar di Mediterania.

piraeus
Piraeus, Yunani. (youtube.com).*

5. Lisbon, Portugal

Lisbon adalah salah satu pelabuhan laut paling unggul dengan beragam daya pikatnya. Ibu kota Portugal ini sarat akan kekayaan seni dan budaya, pendidikan, media hiburan, perdagangan internasional hingga pariwisata Eropa dan dunia. Di seputar kota ini terdapat sejumlah bangunan yang terdaftar dalam situs warisan dunia UNESCO seperti Menara Belem yang dibangun abad ke-17. Di dunia kemaritiman, pelabuhan di Lisbon punya peran penting terutama bagi negara asal pelaut Vasco dan Gama dan Bartholomeus Diaz ini sejak ratusan tahun silam bahkan hingga sekarang.

lisbon
Lisbon, Portugal. (wikipedia.org).*

Silakan baca:

Museo Atlantico, Museum Unik di Dasar Laut Lanzarote