5 Jembatan Unik dan Indah di Dunia

jembatan unik di dunia
Jembatan Naga Vietnam Saat Menyemburkan Air. (dok. vietnamtourism.gov.vn)

 

BandungKlik – Sejumlah negara di dunia membangun jembatan bukan hanya mengutamakan fungsi sebagai sarana penyeberangan, namun mereka juga membangun jembatan dengan unik dan indah. Bahkan menjadi destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan.

Berikut ini ada 5 jembatan unik dan indah di dunia yang dirangkum dari berbagai sumber.

Jembatan Naga, Da Nang, Vietnam

Nama Jembatan Naga muncul karena dihiasi naga raksasa. Naga ini terbuat dari baja yang dari jauh tampak meliuk menakjubkan. Menariknya lagi, naga tersebut dapat menyemburkan api sungguhan dari bagian mulutnya.

Jembatan yang diresmikan pada 29 Maret 2013 itu, berlokasi di daerah Hoa Thuan Dong, Da Nang, Vietnam. Berkat keindahannya, Jembatan Naga menjadi ikon wisata kota pelabuhan ini.

Desain naganya terinspirasi dari karya-karya arsitektur pada masa Dinasti Ly. Tubuh sang naga dipasangi 2.500 lampu LED yang menyala indah pada malam hari. Ternyata bukan hanya api yang disemburkan, tapi bisa menyemburkan air. Namun atraksi semburan api dan air ini hanya berlangsung satu kali dalam sehari.

Jembatan Emas, Vietnam

Jembatan Emas Vietnam yang unik
Jembatan Emas Vietnam. (Foto brainberries.co)

Jembatan Emas atau Golden Bridge Vietnam tampil sangat menakjubkan. Berbentuk unik dan ditambah panorama perbukitan Ba Na yang sangat indah. Lokasinya berada dekat Da Nang, Vietnam.

Secara visual, jembatan tampak dalam genggaman dua tangan raksasa. Tangan raksasa berbahan batu itu dibuat untuk menopang jembatan sepanjang 150 meter. Menariknya lagi, jembatan dilapisi cat emas tersebut berada di atas ketinggian 1.400 mdpl.

Jembatan Langit Langkawi, Malaysia

Jembatan langit Langkawi
Jembatan Langit Langkawi Malaysia. (dok. brainberries)

Jembatan Langit (Sky Bridge) Langkawi merupakan sebuah jembatan kabel cancang melengkung yang diperuntukkan khusus pejalan kaki dengan panjang 125 meter. Tempatnya berada di ketinggian 700 meter di atas permukaan laut di Puncak Gunung Mat Chinchang, Pulau Langkawi, Kedah, Malaysia.

Jembatan yang bisa diakses dengan Kereta Kabel Langkawi tersebut, memiliki lebar jalur jembatan sebesar 1,8 meter. Di atas situ, para pengunjung disuguhi panorama alam lanskap kepulauan yang sangat indah.

Jembatan Kaca China

Jembatan Kaca di Cina
Jembatan Kaca di China. (dok. brainberries)

Jembatan kaca terpanjang dan tertinggi di dunia ini menghubungkan dua tebing gunung di Provinsi Zhangjiajie, Hunan, China. Dibangun dengan panjang 430 meter dan lebar 6 meter. Dirancang arsitek Israel Haim Dotan.

Silakan baca: 5 Restoran Unik di Dunia, Salah Satunya di Indonesia

Lantainya berbahan kaca yang terdiri dari 99 panel kaca transparan tiga lapis. Sehingga membuat kaki gemetar kala melintasinya. Karena sangat menengok ke bawah, kita akan melihat lembah yang dalam. Serasa melayang dan membuat tegang. Berkat keunikannya, jembatan tersebut pun meraih rekor dunia untuk arsitektur dan kontruksi.

Jembatan Kaca, Kiev, Ukraina

jembatan kaca di Kiev
Jembatan Kaca di Kiev, Ukraina. (Foto brainberries.co)

Jembatan kaca di Kiev dibuka secara resmi 25 Mei 2019. Jembatan khusus untuk para pejalan kaki dan pesepeda tersebut, menghubungkan The People’s Friendship Arch dengan Saint Volodymyr Hill.

Meski berada di ketinggian sekitar 20-30 meter, jembatan kaca Kiev mampu menampung beban berat hingga 1150 kilogram. Dengan panjang jembatan mencapai 212 meter dan ketinggian maksimum 32 meter. Jalurnya hanya terbagi dua, satu untuk pejalan kaki dan satu lagi khusus jalur sepeda.*