BandungKlik – Saat liburan di Kota Bandung jangan hanya menikmati kuliner di kafe atau restoran saja. Wisatawan juga harus coba berburu jajanan Bandung yang memiliki cita rasa autentik dan khas. Seperti aneka jajanan yang terbuat dari olahan aci alias tepung tapioka.

Nah berikut ini ada 5 rekomendasi jajanan Bandung yang berbahan aci yang mungkin sudah tak asing di telinga wisatawan.

1. Cireng

Jajanan Bandung yang satu ini sudah cukup terkenal dan melegenda di Bandung. Cireng merupakan salah satu makanan dari olahan aci yang sangat populer di berbagai kalangan.

Rasanya pun cukup khas dengan varian polos dengan bumbu kacang atau isi kacang yang paling klasik. Namun kini seiring zaman, isian cireng kian bervariasi. Mulai dari isi daging ayam, bakso, sosis, kornet, keju, oncom, jando, dan lainnya.

Selain isiannya yang beragam,  bentuknya pun sama bervariatif. Hal itu dilakukan penjual untuk membedakan isian yang ada di dalam cireng tersebut. Harga cireng di Kota Bandung, rata-rata dibanderol di kisaran harga Rp1.000 sampai Rp2.500 per satuannya.

Silakan baca: Cimol Bandung, Jajanan Kenyal Gurih Sedap

Penjual cireng di Kota Bandung sudah ada di mana-mana. Mulai dari menggerai toko, berjualan di gerobak, hingga ada juga cireng kemasan yang sering dijual di dalam pasar atau secara online. Oh iya, cireng akan lebih nikmat disantap selagi hangat untuk dapat rasakan sensasi kelezatannya.

2. Cilok

Berikutnya jajanan berbahan aci di Kota Bandung, ada cilok yang juga sudah melegenda sejak dulu. Makanan olahan aci ini identik dengan bumbu kacangnya yang lekoh. Tetapi, kini di beberapa pedagang ada juga yang menyajikannya dengan kuah dan juga tetelan. Isiannya pun sudah berkembang dan variatif, ada jando, abon, dan yang terbaru berisi keju mozarella.

Di Kota Bandung, harga jajanan cilok cukup beragam, tergantung di mana membelinya. Cilok juga saat ini sudah banyak dijual secara online dalam bentuk ‘frozen food’.

Nah untuk penjual cilok yang cukup populer di Bandung, antara lain Cilok Rosalinda, Cilok Nya Raos Nya Lada (cilok enak dan pedas), Cilok Bapri, dan masih banyak lagi. Selain itu, di sekitar Alun-Alun Kota Bandung juga mudah dijumpai penjual cilok memakai gerobak dorong.

3. Cimol

Lanjut lagi jajanan Kota Bandung berbahan aci selanjutnya, yaitu cimol. Di awal kemunculannya, cimol identik dengan taburan serbuk bumbu asin dan pedas. Namun seiring waktu, banyak sekali perasa lainnya melengkapi bumbu dari cimol. Ada rasa keju, barbaque, sapi panggang, jagung bakar, rumput laut, hingga rasa rendang.

Silakan baca: Ini Tiga Kafe Bernuansa Pantai di Kota Bandung

Bukan hanya itu, kini juga ada yang namanya cimol bojot. Sebenarnya sama saja, perbedaannya hanya pada bumbunya. Cimol bojot ini kayak akan rempah, menggunakan bawang, dan juga bumbu rahasia lainnya. Biasanya dibanderol dengan harga mulai dari Rp5.000.

4. Cilung

Ada juga jajanan cilung alias aci digulung. Umumnya cilung ini dijual dengan harga cukup murah, hanya Rp1.000 per tusuknya. Meskipun harganya murah tapi rasanya tak murahan, malah bisa bikin ketagihan.

Pedagang cilung ini biasanya menyajikan tepung bawang dengan dua rasa. Ada pilihan yang rasa original dan juga rasa pedas.

5. Cimin

Makanan Bandung berbahan aci yang terakhir ini, dikenal dengan sebutan cimin atau singkatan dari “aci mini”. Jajanan Bandung cukup banyak penggemarnya, hampir setiap pedagangnya selalu dikerubuti pembeli.

Silakan baca: Camilan Khas yang Bisa Dinikmati di Kota Bandung

Olahan aci ini dimasak dengan paduan telur, sehingga membuat rasa cari cimin menjadi spesial. Ditambah dengan aneka pilihan bumbu yang lekoh. Santapan pertama saja bisa bikin kalian jatuh cinta dengan kenikmatan rasa dari cimin ini.*

 

 

 

Sumber: bandung.go.id