5 Ide Kreatif Bikin Parsel Lebaran Kekinian

parsel lebaran
Parsel Lebaran Bertema Ketupat.

 

BandungKlik – Saling mengirim bingkisan atau parsel Lebaran, mungkin sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia. Biasanya parsel Lebaran dibeli dari toko yang sudah dibungkus rapi.

Tapi bagi yang ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah, berikut ini ada 5 ide kreatif membuat parsel atau bingkisan Lebaran kekinian yang patut dicoba.

Parsel Tema Ketupat

Hari Raya Lebaran di Indonesia identik dengan ketupat. Ketupat ini pun bisa mendjadi ide kreatif yang menarik untuk membuat parsel Lebaran. Isi parsel bisa berupa aneka makanan kering atau camilan khas kampung halaman. Misalnya ada rendang kering dalam kemasan atau kentang kering pedas manis.

Bisa juga membuat ukuran parsel mini yang bisa diisi dengan abon, keripik bawang, kacang goreng, dan peyek renyah. Isi dari parsel bisa disimpan di botol kaca lalu ditempatkan pada keranjang anyaman yang sering dikenal dengan besek ini.

Silakan baca: Unik, Kalung Balung Dari Bandung Dibikin Hanya 20 Menit

Sentuhan akhir, jangan lupa kemas parsel dengan hiasan khas Lebaran, seperti menambahkan ornamen ketupat dan kartu ucapan. Lalu tinggal dikirim ke keluarga dan kerabat terdekat.

Parsel Tema Tradisional

Konsep berikutnya, Anda bisa membuat parsel bertema tradisional. Isinya bisa berupa kuliner tradisional atau minuman khas Indonesia dengan perlengkapan pendampingnya. Semisal parsel bertema kopi tradisional khas Indonesia.

parsel tema tradisional

Isi parsel dikemas dengan kotak dari bahan daur ulang. Kemudian tambahkan nuansa batik berupa taplak, lengkapi dengan tempat minum, perlengkapan makan untuk camilan yang disantap bersama kopi, dan buku tentang kopi Indonesia. Jangan lupa masukan kartu ucapan Lebaran!

Parsel Tema Go Green

Tema Go Green bisa menjadi ide membuat parsel Lebaran, sekaligus berkampanye go green atau ramah lingkungan. Isi parselnya bisa berupa barang-barang eco-friendly dan mudah didaur ulang.

Parsel Go Green

Seperti peralatan makan sendok dan garpu dari kayu kelapa, sedotan dari bambu, dan kantong belanja dari ampas singkong atau kain perca. Kotak  berbahan kertas daur ulang pun bisa jadi wadah untuk menempatkan barang-barang tadi.

Parsel Tema Minimalis

Parsel Lebaran bertema minimalis juga bisa menjadi pilihan. Terutama bagi Anda yang ingin mengirim parsel ke saudara, kerabat, teman, atau kolega yang hobi membaca buku. Nah, isi parcelnya bisa berupa buku-buku bacaan dengan tema seru.

Parsel Tema Minimalis

Kemasan parcelnya pun bisa minimalis, tak perlu terlalu banyak hiasan. Cukup dengan kertas polos sederhana yang dibalut pita atau renda. Terakhir, tambahkan kartu ucapan Lebaran di dalamnya agar yang menerima makin terkesan.

Parsel Tema Natural

Terakhir, parsel Lebaran tema natural bisa menjadi pilihan Anda. Bisa berisi alat-alat kerajinan tangan, berupa alat-alat pendukung hobi. Diantaranya untuk hobi sulam, hobi sketsa, hobi melukis atau hobi merajut.

Bingkisan Tema Natural

Kemas parsel Lebaran tersebut dalam wadah dengan hiasan berwarna natural agar tampak cantik. Tambahkan tali rami dan sedikit sentuhan bunga serta dedaunan. Selipkan kartu Lebaran dengan kata-kata unik, agar bingkisan Anda tambah menarik.*

 

Sumber & Foto: indonesia.travel