5 Destinasi Wisata yang Lekat dengan Cerita Legenda

Cerita legenda
Danau Toba, salah satu destinasi yang lekat dengan cerita legenda. (dok. indonesia.travel)

 

BandungKlik – Cerita rakyat atau legenda menjadi salah satu produk ragam budaya dari setiap daerah di Indonesia. Cerita ini pun turut mempopulerkan wisata legenda di Indonesia. Bahkan konon, sejumlah destinasi wisata lekat dan lahir dari cerita legenda.

Berikut ini ada 5 destinasi wisata yang lekat dan lahir dari cerita legenda. Bersumber dari laman Kemenparekraf.

Gunung Tangkubanparahu, Jawa Barat

Gunung Tangkubanparahu sebagai destinasi wisata andalan Jawa Barat ini, lekat dengan legenda populer Sangkuriang. Legenda yang mengisahkan cinta terlarang antara anak dan ibu. Konon, Gunung Tangkubanparahu terbentuk dari perahu yang ditendang oleh Sangkuriang.

Kisahnya berawal dari permintaan Ibunda Sangkuriang, Dayang Sumbi untuk dibuatkan sebuah perahu. Sebagai syarat jika Sangkuriang ingin menikahinya. Selain perahu, Dayang Sumbi juga mengajukan syarat untuk membendung sungai Citarum dalam satu malam.

Sebenarnya, syarat ini diajukan untuk menggagalkan keinginan Sangkuriang. Sangkuriang pun meminta bantuan pada kekuatan gaib untuk membuat perahu dan membendung sungai dalam satu malam.

Setelah permintaan hampir berhasil diwujudkan, lantas Dayang Sumbi berniat menggagalkannya dengan meminta bantuan penduduk. Ia dan penduduk membuat suasana seakan-akan sudah pagi, dengan memaksa ayam berkokok dan menebarkan boeh rarang (kain putih hasil tenunan).

Kalut karena merasa dicurangi, Sangkuriang menendang perahu itu hingga terbalik. Kini, gunung yang dianggap sebagai perahu Sangkuriang tersebut dikenal dengan Gunung Tangkubanparahu.

Gunung ini sendiri merupakan salah satu gunung berapi aktif yang memiliki kawah vulkanik nan cantik. Dengan ketinggian 2.084 mdpl, wisawatan dapat memanjakan mata di lokasi wisata legenda Indonesia ini.

Pantai Air Manis, Sumatera Barat

Berikutnya ada destinasi Pantai Air Manis di Sumatera Barat yang lekat dengan cerita legenda Malin Kundang. Cerita legenda yang sohor ini, mengisahkan seorang anak lelaki bernama Malin Kundang yang durhaka kepada ibunya.

Kisahnya berawal dari Malin Kundang yang telah sukses, berkunjung ke kampung halamannya. Namun saat sang ibu memanggilnya, ia pura-pura tidak mengenali dan menolak kehadiran wanita yang melahirkannya itu. Karena sedih tidak diakui putranya sendiri, sang ibu mengutuk Malin Kundang menjadi batu.

Silakan baca: Rekomendasi Kuliner Khas Danau Toba yang Wajib Dicoba

Batu yang menyerupai orang sedang bersujud dan dipercaya sebagai sosok Malin Kundang itu, berada di Pantai Air manis, Padang Selatan, Sumatera Barat. Kisah Malin Kundang mengantarkan Pantai Air Manis sebagai destinasi wisata legenda terpopuler di Indonesia hingga kini.

Akhirnya cerita ini pun semakin populer setelah dituturkan turun-temurun oleh masyarakat, dengan nilai moral yang mengajarkan untuk terus berbakti pada orang tua.

Danau Toba, Sumatera Utara

Bergeser ke Sumatera Utara, tepatnya di Danau Toba yang masuk dalam salah satu dari 5 Destinasi Super Prioritas. Di sana menyimpan sebuah legenda yang populer, tentang kisah seorang petani bernama Toba yang bertemu dengan seekor ikan berwarna emas.

Kala ikan mas itu dibawa pulang oleh Toba, ternyata berubah menjadi seorang putri. Singkat cerita, mereka menikah, namun sang putri mengajukan satu syarat agar si petani tidak menyebutkan masa lalunya sebagai ikan.

Sayang, suatu hari petani ini melanggar sumpah yang telah diucapkannya. Akhirnya membuat sang putri bersedih dan terus menangis. Konon, tangisan sang putri membentuk sebuah danau yang kini dikenal sebagai Danau Toba.

Di luar legenda Toba dan ikan emas, Danau Toba juga memang menyuguhkan pesona keindahan alam yang memanjakan mata. Wisawatan juga dapat melakukan berbagai kegiatan mulai dari bermain kayak, mendayung, hingga berkemah di sekitar danau.

Candi Prambanan, Yogyakarta

Destinasi Candi Prambanan di Yogyakarta juga lekat dengan cerita legenda yang terkenal. Mengisahkan perjalanan cinta Bandung Bondowoso yang ingin menikahi putri Roro Jonggrang. Roro Jonggrang pun bersedia menerima pinangan itu, namun dengan syarat, dibuatkan 1.000 candi dalam satu malam.

Bandung Bondowoso pun tak kehabisan akal. Ia meminta bantuan kekuatan gaib untuk mewujudkan permintaan tersebut. Tapi belum lengkap seribu candi dibangunnya, Roro Jonggrang memerintahkan warga untuk menumbuk padi agar ayam jantan berkokok. Hal ini menyebabkan jin yang membantu Bandung Bondowoso pergi sebelum candi terselesaikan.

Konon, Bandung Bondowoso marah atas kecurangan itu dan mengutuk Roro Jonggrang sebagai arca ke-1.000. Terlepas dari cerita legendanya yang menarik, kini Candi Prambanan telah dinobatkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO, dan menjadi salah satu candi Hindu terbesar di Asia Tenggara.

Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur

Pulau Komodo juga menjadi salah satu situs warisan dunia yang telah ditetapkan oleh UNESCO pada 1991. Destinasi ini memiliki cerita legenda yang melekat. Menurut cerita dari masyarakat setempat, komodo sebenarnya merupakan salah satu anak kembar dari seorang putri yang dijuluki sebagai Putri Naga dan suaminya Moja.

Karena malu memiliki anak berwujud kadal (Ora), ia mengasingkan anak tersebut ke dalam hutan. Namun suatu hari, Gerong; sang saudara kembar Ora, yang berwujud manusia hendak membunuhnya dengan tombak saat berburu ke hutan.

Silakan baca: Candi Borobudur, Inspirasi Peradaban Manusia

Saat hendak menombak, ibu mereka datang dan memberitahu kejadian yang sebenarnya. Sejak saat itu, komodo dan manusia hidup berdampingan layaknya saudara di pulau tersebut.

Begitulah cerita legenda yang melekat dan dipercaya melahirkan 5 destinasi wisata di atas. Selain menikmati keindahan, berkunjung ke destinasi wisata legenda juga menjadi salah satu cara untuk melestarikan produk budaya lisan Indonesia.*