5 Alasan Utama Memelihara Kucing di Rumah

kucing
Kucing bermain tali dengan kawannya. (dok. Rianty).*

 

BandungKlik – Kucing dikenal sebagai salah satu hewan peliharaan terbaik yang bisa dengan mudah diperoleh. Belakangan, semakin banyak orang memelihara hewan lucu tersebut. Terlebih, di masa pandemi Covid-19 yang menganjurkan orang lebih banyak beraktivitas di rumah.

Meskipun menghadirkan tanggung jawab dan tantangan tertentu, misalnya biaya ke dokter, tetapi banyak juga manfaat positif yang didapat. Dikutip dari animalkind.org, berikut 5 alasan utama mengapa orang memelihara kucing:

1. Kucing bisa mandi sendiri

Kucing selalu mandi hampir di setiap saat. Ini berarti tidak perlu meluangkan waktu untuk memandikan kucing setiap hari. Untuk perawatan bisa dilakukan sebulan sekali, dimandikan sendiri di rumah atau petshop.

2. Akan menjaga rumah dan halaman dari hewan pengerat

Jika Anda bukan penggemar tikus sekaligus tidak ingin hewan pengerat ini ada di rumah Anda, kucing bakal segera mengatasinya. Bahkan, mungkin si lucu akan memberikan “hadiah tangkapannya” yang membuat Anda bangga.

3. Hewan mandiri

Memelihara kucing membutuhkan lebih sedikit tanggung jawab ketimbang beberapa hewan lain. Kucing adalah hewan soliter. Dengan begitu ia bisa bermain sendiri atau dengan kawannya, dan sebagian besar mampu menjaga dirinya sendiri. Akan tetapi, sering kali kucing bermain dengan pemiliknya bahkan berpelukan.

4. Hewan peliharaan ramah lingkungan

Menerapkan gaya hidup “hijau” boleh jadi sulit tetapi kucing adalah pilihan tepat. Tentu, bagi calon pemilik hewan peliharaan yang ingin tetap ramah lingkungan. Terlebih, hewan menggemaskan itu lebih menyukai ikan ketimbang daging sapi sehingga lebih baik bagi lingkungan.

5. Kucing dapat membantu mengurangi stres

Kita semua pernah dan seringkali menghadapi stres. Orang punya cara berbeda untuk menghilangkan stres mereka. Pemilik kucing dapat mengurangi ketegangan hanya dengan membelai kepala teman berbulu mereka. Banyak studi menunjukkan, membelai kucing melepaskan endorfin ke otak yang membuat orang lebih merasa tenang. Tak hanya itu, kucing juga punya bulu yang paling lembut. *

Silakan baca:

Tanaman Hias Keladi Naik Daun, Berapa Harganya?