BandungKlik – Selain menjadi ajang balap MotoGP, Mandalika juga memiliki destinasi wisata olahraga (sport tourism) lainnya yang menarik untuk dicoba. Bahkan Mandalika juga disebut-sebut sebagai surganya para pecinta olahraga.

Berbagai aktivitas sport tourism bisa dilakukan di Mandalika, lengkap dengan pemandangan alam yang membuat betah berlama-lama. Namun jangan lupa, jika berkunjung ke sana, tetap mematuhi protokol kesehatan demi kesehatan bersama.

Berikut ini ada 5 rekomendasi aktivitas sport tourism di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang patut untuk dicoba. Untuk menyehatkan tubuh, pikiran, dan jiwa.

1. Sensasi berenang di Pantai Tanjung Aan

Mandalika memang layak masuk menjadi destinasi super prioritas Indonesia. Salah satu faktornya, destinasi ini dibekali deretan pantai eksotis yang menggoda, seperti di Pantai Tanjung Aan.

Di Pantai Tanjung Aan, wisatawan bisa merasakan sensasi segarnya berenang di air laut yang jernih. Sambil menikmati keindahan hamparan pasir putih, dengan latar bukit nan hijau.

2. Sepeda santai sambil menikmati lanskap alam

Bagi wisatawan yang hobi bersepeda, Mandalika jadi pilihan tepat. Di sana, bisa menikmati indahnya lanskap alam di sekitar Mandalika sambil bersepeda santai.

Silakan baca: Mandalika Sajikan Pesona Alam, Budaya & Pariwisata Olahraga

Destinasi super prioritas ini memang menajdi tempat terbaik untuk melakukan sport tourism karena infrastrukturnya pun sudah sangat memadai. Bahkan, Pemerintah NTB telah memiliki agenda event kelas dunia berupa balap sepeda internasional L’Etape yang merupakan bagian dari Tour de France.

3. Jogging dengan latar pantai yang indah

Jogging di sekitar Mandlika untuk mengisi waktu senggang saat pagi atau sore hari menjadi pilihan aktivitas yang menyenangkan. Dengan latar pantai yang indah, kawasan ini cocok banget jadi pilihan jogging track yang menyegarkan tubuh dan pikiran. Di sana juga banyak spot foto menarik dan ciamik.

4. Trekking di Bukit Merese

Jangan lewatkan untuk menikmati pesoan keindahan Mandalika dari ketinggian. Lokasinya di Bukit Marese yang menyuguhkan pemandangan eksotis dengan sunset yang cantik.

Perjalanan ke Bukit Marese, bisa jadi aktivitas wisata olahraga yang menyenangkan. Pilihan waktu yang tepat berkunjung ke sana, yakni di awal tahun, sebab di waktu tersebut dapat melihat rumput hijau yang memenuhi permukaan bukit. Hingga tampak lebih instagenic.

Pilihan waktu lainnya, saat musim kemarau. Di mana rumput mulai kering dan menguning hingga menghasilkan potret yang tak kalah memesona.

5. Berselancar di Pantai Seger

Aktivitas sport tourism berselancar di Pantai Seger, memang menjadi pilihan wisata minat khusus karena cukup memacu adrenalin dan butuh keahlian khusus. Cocoknya bagi mereka yang hobi olahraga ekstrem.

Silakan baca: 5 Kuliner Khas Mandalika Lombok yang Wajib Dicoba

Ombak di salah satu pantai terbaik di Mandalika tersebut, sangat pas untuk menguji adrenalin dan mengasah keahlian berselancar. Namun, karena ombak tinggi dan arus yang cukup kuat, wisatawan diharapkan berhati-hati dan pastikan telah memiliki kemampuan berselancar yang cukup mumpuni.*

 

 

 

Sumber & Foto: indonesia.travel