4 Destinasi Wisata Halal Potensial di Indonesia

destinasi wisata halal
Masjid Raya Baiturrahman, ikon wisata religi Aceh. (dok. Disbudpar Prov. Aceh)

 

BandungKlik – Destinasi wisata halal di Indonesia tersebar di berbagai pulau. Salah satu yang paling berpotensi besar dalam pengembangan wisata halal yaitu Pulau Lombok. Lombok pernah dinobatkan sebagai The World Best Halal Tourism Destination dalam ajang World Halal Travel Awards di Abu Dhabi pada 2015.

Bahkan pada 2019, pihak GMTI memberikan nilai 76 untuk kualitas layanan komunikasi di Lombok. Angka tersebut meningkat dari 2018 yang hanya 59. Selain Lombok, Indonesia juga memiliki 4 destinasi wisata halal yang potensial untuk dikembangkan, antara lain:

Aceh                                                                                                           

Provinsi ini pada 2016 berhasil mendapatkan penghargaan sebagai World’s Best Airport for Halal Travellers dan World’s Best Halal Cultural Destination dari World Halal Tourism Award. Destinasi wisata bernuansa Islami yang banyak terdapat di sana, juga menjadi daya tarik tersendiri bagi Aceh.

Kepulauan Riau

Berikutnya ada Kepulauan Riau (Kepri) yang juga sangat potensial menjadi salah satu destinasi wisata ramah muslim di Indonesia. Ikon wisata halal di Kepri tak lain yakni Masjid Sultan Kepulauan Riau yang terletak di Pulau Penyengat.

Sumatera Barat

Masih di Pulau Sumatera, ada Sumatera Barat yang telah banyak menyabet prestasi bergengsi dalam World Halal Tourism Award 2016. Ada 3 penghargaan yang berhasil diraih, yakni World’s Best Halal Destination, World’s Best Halal Tour Operator, dan World’s Best Halal Culinary Destination. Berbekal hal itu, tak heran jika Sumatera Barat sangat potensial dalam mengembangkan wisata halal di Indonesia.

Jakarta

Baru-baru ini, Menparekraf Sandiaga Uno juga menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dengan Imam Besar Masjid Istiqlal. Bersama MoU tersebut, Masjid Istiqlal akan dikembangkan sebagai destinasi wisata religi di Indonesia.

Silakan baca: 5 Destinasi Wisata yang Lekat dengan Cerita Legenda

Pemilihan wilayah Jakarta sebagai destinasi wisata religi, tidak dapat dilepaskan dari lengkapnya fasilitas ramah muslim. Setidaknya ada 510 hotel dengan sertifikat halal dan 5 hotel tipe syariah di Jakarta.*

 

 

Sumber: Kemenparekraf