15 Barang yang Tidak Boleh Dibawa Pulang dari Kamar Hotel

kamar hotel
Interior kamar hotel. (Irwan Akhmad/Bandung Klik).*

 

BandungKlik – Saat menginap di hotel, tamu dapat menikmati segala fasilitas yang disediakan. Tak hanya yang cuma-cuma tetapi juga fasilitas yang berbayar. Namun perlu diperhatikan, ada fasilitas atau barang di kamar hotel yang boleh dan tidak boleh dibawa pulang.

Fasilitas yang disediakan pihak hotel tentu untuk kebutuhan dan kenyaman tamu. Meski begitu, tak jarang tamu nekat membawa pulang sejumlah barang atau fasilitas yang notabene aset hotel.

Tak heran, barang yang ada di dalam kamar hotel akan selalu diperiksa petugas housekeeping, mulai dari tamu check in hingga check out. Dengan demikian, pihak hotel bakal tahu barang apa saja yang tidak ada alias hilang atau dibawa tamu.

Selain barang berukuran besar seperti ranjang, kulkas, kursi, lemari, televisi, dan AC, 15 barang berikut tidak boleh dibawa pulang oleh tamu.

1. Bantal, sprei dan selimut

Ketiga barang ini sering kali berpindah tangan tanpa izin dari pihak hotel. Barang ini mudah dilipat dan dimasukkan ke dalam tas atau koper, termasuk bantal meskipun mengembung.

2. Remot televisi dan AC

Tak habis pikir kepada tamu yang mengoleksi remot televisi dan remot AC. Namun, kedua barang ini terkadang terbawa saat tamu berkemas.

3. Lampu meja

Biasanya desain lampu meja disesuaikan dengan tema kamar hotel. Adakalanya menarik hati para tamu untuk memilikinya.

4. Telefon

Alat komunikasi ini hanya boleh digunakan di dalam hotel.

Silakan baca:

Barang-Barang yang Boleh Dibawa Pulang dari Kamar Hotel

5. Ketel air atau pemanas air

Pemanas air tidak tersedia di semua kamar hotel. Namun, barang ini tidak termasuk barang yang boleh dibawa pulang tamu.

6. Peralatan makan dan minum

Peralatan makan dan minum seperti piring, gelas, sendok, dan garpu biasanya bentuk dan motifnya bagus. Meski begitu sebetulnya tidak untuk dibawa pulang apalagi secara diam-diam.

7. Perlengkapan ibadah

Tak semua hotel menyediakan perlengkapan ibadah di kamar hotel. Jika ada, tentu hanya untuk digunakan di kamar.

8. Asbak

Pihak hotel biasanya menyediakan asbak yang bagus. Para perokok yang menginap tidak seharusnya tertarik untuk memiliki asbak tersebut.

9. Vas bunga

Tak hanya tertarik sama bunganya, tak sedikit tamu yang tertarik juga dengan vasnya untuk dijadikan pajangan di rumah.

10. Handuk dan keset

Pada kebanyakan hotel, handuk dan keset biasanya bermotif sama hanya beda ukuran. Yang terkadang terjadi, handuk dianggap perlengkapan mandi yang boleh dibawa pulang seperti sabun, sikat gigi, dan lain-lain. Padahal, handuk adalah aset hotel yang bakal digunakan secara berkesinambungan.

Silakan baca:

Hotel Tertua di Dunia, Ternyata Ada di Jepang

11. Hiasan kamar

Kamar biasanya dipercantik oleh hiasan atau pajangan seperti lukisan. Pajangan ini seharusnya tetap memperindah kamar dan tidak untuk dibawa pulang.

12. Gantungan pakaian

Gantungan pakaian yang tidak dipaten dalam lemari sering kali terbawa tamu saat melipat pakaian lalu memasukkannya ke dalam koper. Tentu, ini tidak diperkenankan oleh pihak hotel.

13. Hairdryer

Pengering rambut ini umumnya dipakai tamu wanita setelah mandi dan keramas. Jika ingin menggunakannya di rumah, silakan gunakan punya sendiri. Sebab, hairdryer di kamar hotel akan digunakan tamu lain.

14. Makanan dan minuman di minibar

Makanan dan minuman di minibar sebetulnya boleh dibawa pulang tamu. Syaratnya, tamu memberitahu pihak hotel saat check out makanan atau minuman apa yang diambil. Setelah itu bayarlah sebab makanan dan minuman tersebut sebenarnya dijual pihak hotel, tidak disediakan gratis.

15. Brankas

Benda ini memang sulit dibawa dan berat sekali. Namun, sesungguhnya brankas tidak boleh dibawa pulang tamu hotel. *

Silakan baca:

5 Hotel Minimalis di Dunia, Tampil Menakjubkan