15 Alasan Indonesia Jadi Destinasi Liburan Berikutnya

destinasi komodo indonesia
Pulau Komodo. (antaranews).*

 

BandungKlik – Pariwisata Indonesia telah menjadi perhatian dunia internasional. Perhatian tersebut salah satunya datang dari media populer di Inggris yaitu The Telegraph. Laman berita daring telegraph.co.uk pernah menurunkan artikel tentang alasan mengapa Indonesia menjadi destinasi liburan berikutnya. Ini 15 alasannya:

1. Indonesia punya Jakarta

Ibu kota Indonesia luas, rumah bagi lebih dari 10 juta warga. “Tempat perpaduan masakan dan budaya,” tulis Simon Parker untuk Telegraph Travel tahun 2015.  “Kota tua Batavia bakal membawa Anda ke masa kolonial Belanda di Indonesia,” katanya mengimbuhkan.

Wilayah Menteng yang modis menyediakan beragam hiburan musik hidup dan hotel nyaman dengan tarif terjangkau. Selain itu, banyak restoran terkenal, bar hingga klab malam. Jakarta juga punya banyak tempat belanja yang dapat memanjakan siapa pun penyuka belanja.

2. Indonesia punya Komodo

Kadal terbesar di dunia hanya ada di lima pulau di Indonesia tepatnya di Nusa Tenggara Timur. Yaitu, Pulau  Komodo, Rinca, Flores, Gili Motang, dan Padar. Komodo yang menakutkan punya daya pikat tersendiri. Dengan bobot mencapai 150  pon, komodo memiliki gigitan beracun dan memungkinkan memburu atau membunuh hewan yang lebih besar.

komodo
Pulau Komodo. (litbang.kemendagri.go.id).*

Silakan baca:

Pesona Labuan Bajo Tak Hanya Pulau Komodo

3. Tempat petualangan Sumatera

Sumatera punya tempat indah untuk petualangan. Ada Taman Nasional Kerinci Seblat tempat melihat harimau dan badak Sumatera jika beruntung. Lalu bisa bersantai di Danau Toba, menyelam dengan hiu paus di Pulau Weh ataupun berselancar di Kepulauan Mentawai dan Pulau Nias. Sumatera juga punya kopi kental yang terkenal.

Silakan baca:

Mencoba 5 Aktivitas Seru Ekowisata di Sumatera Utara

4. Tempat menyelam kelas dunia

Salah satu tempat menyelam (diving) terbaik ada di Raja Ampat di Provinsi Papua Barat. Penyelam akan menemukan 75 persen spesies karang di dunia dan 2.000 spesies ikan.

raja ampat
Raja Ampat. (kkp.go.id).*

5. Candi dan gunung di Jawa

Jawa punya 12 taman nasional untuk dijelajahi termasuk Ujung Kulon yang terdaftar di UNESCO. Ada banyak candi di sekitar gunungapi. Lokasi ini bisa ditemukan di Bromo Jawa Timur dan candi Budha terbesar yakni Borobudur di Jawa Tengah.

pura luhur poten
Pura Luhur Poten di kawasan Bromo Jawa Timur. (Irwan Akhmad/Bandung Klik).*

Silakan baca:

Kawah Bromo, Menyajikan Segudang Pesona dan Ritual

6. Surga backpacker di Bali

“Ini adalah salah satu dari sedikit pulau yang berhasil memadukan spiritualitas dan kesenangan,” tulis Michelle Jana Chan dari Telegraph Travel. Bali dikenal sebagai destinasi wisata unggulan dengan segudang lokasi yang eksotik dan budayanya yang menarik.

7. Hotel yang luar biasa

Indonesia sudah menjadi pilihan bagi jaringan hotel ternama di dunia. Di Bali, misalnya, sudah hadir hotel luks jaringan internasional seperti Four Seasons Resort, Alia Villas, COMO Shambala Estate, dan Oberoi.

8. Lombok, Bali yang damai

Pulau di sebelah timur Bali ini dapat menjadi destinasi terbaik bagi para pencari ketenangan. Lombok terkenal dengan ombaknya yang bagus, pantai dan pergunungan yang spektakuler. Di sana, ada Kepulauan Gili yang dikelilingi terumbu karang yang indah.

Gili Kedis, Kabupaten Lombok Barat. (lombokbaratkab.go.id).*

Silakan baca:

Mandalika Sajikan Pesona Alam, Budaya & Pariwisata Olahraga

9. Suku asli Kalimantan

Alam liar Kalimantan sudah memikat para petualang sejak zaman penjelajah Victoria. Daya pikatnya antara lain hutan hujan, suku asli, dan orangutan di Taman Nasional Tanjung Putting.

10. Taman nasional terbesar di Asia Tenggara

Indonesia punya Taman Nasional Lorentz di Papua sebagai situs warisan dunia UNESCO. Taman nasional ini terhampar seluas 9.674 mil persegi sebagai rumah bagi beragam ekosistem. Ada 123 spesies mamalia dan 630 spesies burung termasuk yang endemik. Titik tertingginya diselimuti salju yakni Puncak Jaya—gunung  tertinggi di antara Himalaya dan Andes.

11. Bandung: Paris dari Timur

Selain Parijs van Java, Kota Bandung juga dikenal sebagai Paris dari Timur. Iklimnya yang sejuk menjadikannya destinasi akhir pekan yang populer khususnya bagi penduduk Jakarta. Selain banyak gerai dan butik yang modis, Kota Bandung punya banyak bangunan Art Deco sebagaimana Paris di Perancis.

asia afrika bandung
Jalan Asia Afrika Kota Bandung. (Irwan Akhmad/Bandung Klik).*

12. Pusat budaya Yogyakarta

Yogyakarta, kota yang kaya akan budaya dan spiritualitas. Tak jauh dari pusat kota, wisatawan dapat berkunjung ke Candi Prambanan yakni kompleks candi Hindu yang luas. Atau, berkunjung ke Candi Borobudur.

candi prambanan
Candi Prambanan. (Irwan Akhmad/Bandung Klik).*

13. Indonesia kaya akan candi

Candi Borobudur dan Prambanan adalah yang paling terkenal. Namun, ada ratusan kuil lainnya baik kecil maupun besar. Bali merupakan tempat bagi sejumlah candi yang menawan, seperti Tanah Lot yang berdiri di atas karang di tepi samudera. Selain itu, Pura Ulun Danu Bratan yang tampak seperti mengapung di atas telaga.

candi borobudur
Candi Borobudur. (Irwan Akhmad/Bandung Klik).*

Silakan baca:

Candi Borobudur, Inspirasi Peradaban Manusia

14. Indonesia punya mercusuar paling spektakuler di dunia

Terletak di Pulau Lengkuas di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mercusuar ini dibangun tahun 1882 pada masa Hindia Belanda.

15. Hijau!

Sebanyak 51 persen dari wilayah Indonesia adalah hutan sehingga menjadikannya salah satu negara paling hijau di dunia. *