14 Kota di Pulau Jawa Dengan Julukan “van Java”

kota van java
Jalan Asia Afrika Kota Bandung. (Irwan Akhmad/ Bandung Klik).*

 

BandungKlik – Sebuah kota biasanya punya julukan karena ciri khasnya. Begitu pula dengan sejumlah kota di Pulau Jawa. Berikut BandungKlik sajikan kota atau kabupaten yang dijuluki “van Java” karena kemiripannya dengan daerah di luar negeri:

1. Bandung: Parijs van Java

Julukan ini disematkan sejak era kolonial Belanda. Pada awal abad ke-20, Kota Bandung masyhur sebagai pusat belanja yang meniagakan pakaian model terbaru dari Paris saat itu. Parijs van Java juga dikenal luas ketika mulai diadakan pasar malam tahunan Jaarbeurs yang digagas orang-orang Eropa untuk promosi dagangannya.

2. Semarang: Venetie van Java

Banyaknya kanal sungai yang melintasi Kota Semarang hampir sama dengan Venesia di Italia. Julukan ini sudah populer sejak masa kolonial Belanda. Bedanya, sungai di kota ini tidak menjadi jalur transportasi utama.

(pariwisata.semarangkota.go.id).*

3. Garut: Zwitsers van Java

Kesamaan Garut dengan Swiss dapat dilihat dari panorama alamnya yang indah. Selain itu,  keduanya juga masyhur sebagai penghasil cokelat. Namun, Garut punya dodol dan paduan dodol cokelat yang lezat.

(visitgarut.garutkab.go.id).*

4. Tasikmalaya: Delhi van Java

Secara geografis, daerah perbukitan di Tasikmalaya mirip dengan perbukitan di New Delhi India. Jalan yang naik-turun dan berkelok serta pemandangan perbukitan yang indah menjadi daya pikatnya.

5. Pati: Hogwarts van Java

Konon, lantaran banyak ahli supranatural tak sedikit yang menyebut kabupaten ini Hogwarts-nya Pulau Jawa. Hogwart adalah tempat latar dalam film Harry Potter sebagai sekolah sihir terbaik di Inggris.

6. Magelang: Nepal van Java

Dusun Butuh di Kabupaten Magelang punya pemandangan berupa rumah penduduk yang tampak bertumpuk di lereng Gunung Sumbing. Pemandangan ini mirip dengan Nepal yang punya Gunung Everest.

(pariwisata.magelangkab.go.id).*

7. Jepara: Carribean van Java

Keindahan Kabupaten Jepara tepatnya Karimun Jawa mirip seperti di Karibia. Banyak pulau kecil yang eksotis dan asri serta memanjakan mata. Kawasan ini hampir sama dengan latar film The Pirates of Carribean.

8. Bantul: Sahara van Java

Gumuk—bukit pasir di tepi laut (sand dunes) terhampar di Kabupaten Bantul tepatnya Pantai Parangkusumo. Hamparan pasir luas dan fenomena alam unik ini mengingatkan Gurun Sahara di Afrika.

(jelajah.bantulkab.go.id).*

9. Boyolali: Nieuw Zeeland van Java

Kabupaten Boyolali sama seperti Selandia Baru sebagai produsen susu dan daging sapi. Kabupaten ini merupakan produsen susu terbesar di Pulau Jawa sekaligus sebagai pusat daging sapi lokal dan aneka abon sapi.

10. Situbondo: Afrikaanse van Java

Kabupaten Situbondo tepatnya Taman Baluran punya hamparan savana yang luas dengan ragam satwa liarnya. Kawasan satwa liar ini menjadi ciri khas kawasan konservasi sehingga Baluran beroleh julukan Afrikaanse van Java.

(balurannationalpark.id).*

11. Kepulauan Seribu: Maldiven van Java

Kabupaten Kepulauan Seribu dijuluki Maldiven van Java karena keindahannya yang menyerupai Maladewa. Bentuknya pun relatif sama berupa kepulauan kecil yang eksotis.

(maritim.go.id).*

12. Tegal: Japan van Java

Di kota ini banyak industri logam yang mumpuni dalam membuat suku cadang kendaraan bermotor yang berasal dari Jepang. Selain itu, kota ini menghasilkan alat-alat lain seperti traktor, pompa air hingga suku cadang kapal.

13. Kudus: Jerusalem van Java

Julukan ini mengemuka dari masjid yang dibangun oleh Sunan Kudus atau Sayyid Ja’far Shadiq Azmat Khan. Konon, beliau pernah membawa batu dari Jerusalem dan menyimpannya di Kudus. Kabupaten ini juga dikenal sebagai destinasi wisata religi seperti halnya Jerusalem.

14. Lumajang: Oostenrijk van Java

Pemerintah Hindia Belanda memberikan julukan tersebut bukan tanpa alasan. Kabupaten Lumajang punya kemiripan topografi dengan negara Austria. Keindahan dan ragam wisata alam kabupaten ini tak kalah dengan kota besar di sekitarnya.

(visitlumajang.com).*

Demikian 14 kota yang punya julukan “van Java”. Masih ada lagi? *

 

Berbagai sumber