BandungKlik – Sebuah kota biasanya punya julukan karena ciri khasnya. Begitu pula dengan sejumlah kota di Pulau Jawa. Berikut BandungKlik sajikan kota atau kabupaten yang dijuluki “van Java” karena kemiripannya dengan daerah di luar negeri:

1. Bandung: Parijs van Java

Julukan ini disematkan sejak era kolonial Belanda. Pada awal abad ke-20, Kota Bandung masyhur sebagai pusat belanja yang meniagakan pakaian model terbaru dari Paris saat itu. Parijs van Java juga dikenal luas ketika mulai diadakan pasar malam tahunan Jaarbeurs yang digagas orang-orang Eropa untuk promosi dagangannya.

2. Semarang: Venetie van Java

Banyaknya kanal sungai yang melintasi Kota Semarang hampir sama dengan Venesia di Italia. Julukan ini sudah populer sejak masa kolonial Belanda. Bedanya, sungai di kota ini tidak menjadi jalur transportasi utama.

(pariwisata.semarangkota.go.id).*

3. Garut: Zwitsers van Java

Kesamaan Garut dengan Swiss dapat dilihat dari panorama alamnya yang indah. Selain itu,  keduanya juga masyhur sebagai penghasil cokelat. Namun, Garut punya dodol dan paduan dodol cokelat yang lezat.

(visitgarut.garutkab.go.id).*

4. Tasikmalaya: Delhi van Java

Secara geografis, daerah perbukitan di Tasikmalaya mirip dengan perbukitan di New Delhi India. Jalan yang naik-turun dan berkelok serta pemandangan perbukitan yang indah menjadi daya pikatnya.

5. Pati: Hogwarts van Java

Konon, lantaran banyak ahli supranatural tak sedikit yang menyebut kabupaten ini Hogwarts-nya Pulau Jawa. Hogwart adalah tempat latar dalam film Harry Potter sebagai sekolah sihir terbaik di Inggris.

6. Magelang: Nepal van Java

Dusun Butuh di Kabupaten Magelang punya pemandangan berupa rumah penduduk yang tampak bertumpuk di lereng Gunung Sumbing. Pemandangan ini mirip dengan Nepal yang punya Gunung Everest.

(pariwisata.magelangkab.go.id).*

Klik halaman berikutnya >> Jepara