121.485 Karyawan Perhotelan dan Restoran akan Divaksinasi

industri perhotelan
Petugas sedang membersihkan kamar di sebuah hotel. (Dok. Kemenparekraf).*

 

BandungKlik – Dalam upaya membangkitkan sektor pariwisata, sebanyak 121.485 karyawan di bidang perhotelan dan restoran akan divaksinasi. Hal ini disampaikan Sekretaris Jenderal Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Maulana Yusran, Jumat (19/2/2021).

Pada acara seminar web bertajuk “Transaksi Jalan, Prokes Tetap Diutamakan” itu, ia mengatakan jumlah karyawan berasal dari 1.549 perusahaan yang bergerak di sektor pariwisata di Indonesia. Mereka tersebar di berbagai wilayah yang sudah ditentukan.

Menurut dia, awalnya mengumpulkan dan mendata 103.256 tenaga kerja perhotelan dan restoran. Namun, pada saat penyesuaian ada 17 wilayah yang beroleh penyesuaian oleh Kementerian Kesehatan. Dari penyesuaian tersebut bertambah 18.229 tenaga kerja.

“Sehingga jumlahnya jadi 121.485 naker (tenaga kerja) yang akan menerima vaksin,” kata Maulana, dikutip dari antara.

“Kami berterima kasih sekali kepada Kemenkes karena usul yang kami ajukan dapat disetujui sehingga sektor pariwisata dapat turut mengikuti program dari pemerintah ini. Karena sektor pariwisata ini sangat membutuhkan vaksin,” tuturnya.

Seperti diketahui bersama, industri pariwisata adalah salah satu sektor yang sangat terdampak pandemi Covid-19. Dari segi jumlah kunjungan wisatawan sangat anjlok sehingga hal ini berpengaruh besar antara lain pada bidang perhotelan dan restoran.

Seturut data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia pada Desember 2020 mengalami penurunan tajam sebesar 88,08 persen ketimbang bulan yang sama tahun 2019.

Pada Desember 2020—di masa pandemi, wisatawan yang datang ke Indonesia hanya 164.088 orang. Sementara pada periode yang sama tahun 2019 mencapai 1,37 juta orang. Namun demikian, dampak pandemi Covid-19 tidak hanya pada sektor pariwisata di Indonesia tetapi banyak negara di dunia. *

Silakan baca:

Menparekraf Komitmen Program Reaktivasi Industri Perhotelan