10 Manfaat Madu yang Mengejutkan Bagi Kesehatan

manfaat madu
Madu punya banyak manfaat yang mengejutkan bagi kesehatan. (Dok. elcaminohealth.org).*

 

BandungKlik – Madu adalah cairan kental manis alamiah yang dibuat oleh lebah. Selama ratusan tahun madu telah digunakan dalam banyak kebutuhan pengobatan di berbagai budaya. Dikutip dari healthline, ini 10 manfaat madu yang mengejutkan bagi kesehatan:

1. Mengandung banyak nutrisi

Secara gizi, satu sendok makan madu (21 gram) mengandung 64 kalori dan 17 gram gula, termasuk glukosa, maltosa, dan sukrosa. Di dalamnya hampir tidak mengandung serat, lemak, dan protein.

2. Madu berkualitas tinggi kaya antioksidan

Kandungan madu kaya antioksidan penting termasuk asam organik dan senyawa fenolik seperti flavonoid. Antioksidan banyak dikaitkan dengan penurunan risiko jantung, stroke, dan beberapa jenis kanker. Selain itu, dapat meningkatkan kesehatan mata.

3. Madu lebih baik daripada gula

Bukti tentang madu dan diabetes beragam. Meskipun madu lebih baik ketimbang gula rafinasi untuk penderita diabetes, madu tetap harus dikonsumsi dengan hati-hati. Sebab, dapat meningkatkan kadar gula darah.

4. Antioksidan dalam madu membantu menurunkan tekanan darah

Tekanan darah adalah faktor risiko penting untuk penyakit jantung. Namun, senyawa antioksidan dalam madu dapat membantu menurunkannya.

5. Membantu meningkatkan kolesterol

Beberapa penelitian menunjukkan, manfaat madu dapat mengurangi total kolesterol LDL “jahat” sekaligus secara signifikan meningkatkan kolesterol HDL “baik”. Kadar kolesterol LDL yang tinggi merupakan faktor risiko yang kuat untuk penyakit jantung.

6. Dapat menurunkan trigliserida

Trigliserida yang meningkat merupakan faktor risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Sejumlah penelitian menunjukkan, manfaat madu dapat menurunkan kadar trigliserida terutama bila dikonsumsi sebagai pengganti gula.

7. Baik untuk kesehatan jantung

Antioksidan dalam madu dapat membantu arteri pada jantung membesar dan meningkatkan aliran darah ke jantung. Antioksidan tersebut juga membantu mencegah pembentukan gumpalan darah yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.

8. Mempercepat penyembuhan luka dan luka bakar

Penggunaan madu untuk penyembuhan luka dan luka bakar sudah berlangsung sejak zaman Mesir kuno. Sebuah tinjauan dari 26 studi tentang madu dan perawatan luka, menemukan madu paling efektif untuk menyembuhkan luka bakar parsial dan luka yang telah terinfeksi setelah operasi. Saat dioleskan pada kulit, madu dapat menjadi bagian dari perawatan efektif untuk luka, dan banyak kondisi kulit lainnya.

9. Membantu meredakan batuk pada anak

Batuk adalah masalah umum pada anak-anak berupa infeksi saluran pernapasan atas. Untuk anak di atas satu tahun, madu dapat berfungsi sebagai pereda batuk alami dan aman. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa hal ini lebih efektif daripada obat batuk. Namun, madu tidak dianjurkan diberikan kepada anak di bawah usia satu tahun karena risiko botulisme.

10. Lezat tetapi tetap tinggi kalori dan gula

Madu adalah alternatif gula yang lezat dan lebih sehat. Pastikan untuk memilih dan mengkonsumsi madu berkualitas tinggi. Ingatlah bahwa madu hanya dikonsumsi dalam jumlah sedang karena masih tinggi kalori dan gula. Saat menggantikan pemanis lain yang tidak sehat, madu adalah pilihan yang baik. *

Silakan baca:

Air Jeruk Nipis Bagi Kesehatan, Yuk Cari Manfaatnya