10 Kota Terunik di Dunia, Ada “Kota Bebas Pria”

10 kota terunik di dunia
Penduduk Noiva do Cordeiro di Brazil. (huffingtospost.co.uk).*

 

BandungKlik – Kota  dikenal sebagai daerah permukiman yang terdiri atas bangunan rumah sekaligus kesatuan tempat tinggal berbagai lapisan masyarakat. Pada perkembangannya, ternyata banyak juga kota yang tergolong unik sehingga menjadi destinasi wisata yang masyhur. Dirangkum Bandung Klik dari berbagai sumber, berikut 10 kota terunik di dunia:

1. Setenil de las Bodegas, Spanyol

(thousandwonder.net).*

Apa yang membuat kota ini unik dan terkenal? Sebagian rumah di Setenil de las Bodegas di Provinsi Cádiz Spanyol dibangun di bawah bebatuan besar di sisi ngarai. Terbentang di jalan Rio Trejo, rumah dibangun dengan memperbesar ruang di bawah batu dan menambahkan bangunan di bagian luar. Rumah lainnya dibangun di atas bebatuan.

Pueblo yang menjadi magnet kunjungan wisatawan ini terkenal dengan produk daging terutama chorizo sosis, kemudian kue-kue, dan pasteles. Kota seluas 82 kilometer persegi ini dihuni sekira 3.000 jiwa.

2. Colma, Amerika Serikat

(nytimes.com).*

Colma boleh jadi bukanlah kota yang ramai. Alih-alih kental dengan ingar-bingar dan hiruk-pikuk,  penduduk Colma malah jauh lebih sedikit ketimbang penduduk yang sudah meninggal dan dikuburkan di sana.

Terletak di San Mateo California, Colma adalah kota terkecil dengan populasi sekitar 1.800 orang berdasarkan sensus tahun 2010. Dengan terlalu banyaknya kuburan yakni mencapai 1,5 juta, kota ini dijuluki City of The Silent atau Kota Sunyi.

3. Coober Pedy, Australia

(travelling-australia.info).*

Kota bawah tanah ini dibangun tahun 1915. Wilayah itu sangat kaya akan batu permata opal sehingga industri tambang menjadi mata pencaharian yang berkelanjutan dari sektor pariwisata. Konon, pembangunan kota tak lepas dari galian para penambang. Lubang-lubang besar bekas galian itu kemudian dimanfaatkan menjadi kamar-kamar.

Seperti umumnya kota, di bawah tanah ini pun tersedia banyak fasilitas seperti pertokoan, hotel, galeri hingga gereja. Kota kosmopolitan ini dihuni lebih dari 3.500 penduduk dan lebih dari 45 kebangsaan yang berbeda.

Silakan baca: 14 Kota di Pulau Jawa Dengan Julukan “van Java”

Silakan baca: Kota dengan Waktu Puasa Terlama dan Tersingkat di Dunia

 

Klik halaman berikutnya >> Chefchaouen