10 Jenis Kurma Populer, Salah Satunya Favorit Nabi

kurma
Kurma medjool (dok. healthline).*

 

BandungKlik – Kurma adalah salah satu buah yang tercantum dalam Alquran dan Alhadis. Hampir semua orang menyukai buah ini karena rasanya lezat dan kaya akan manfaat. Dari sekian banyak manfaat bagi kesehatan hingga kelezatan, kurma hadir dengan aneka rasa dan tekstur. Ini dia 10 jenis kurma paling populer, ada kurma nabi loh!

1. Anbara

Kurma ini menjadi favorit karena bentuknya yang besar, berdaging, dan berbji kecil. Anbara terbilang salah satu varietas termahal. Selain manis, berwarna cokelat juga kaya protein.

2. Safawi

Selain berwarna hitam, berdaging, kaya akan vitamin dan mineral, kurma Safawi juga punya tekstur lembut. Kurma ini banyak dibudidayakan di Madinah. Salah satu khasiatnya, jika dimakan saat perut kosong dapat membunuh cacing perut.

3. Khudri

Kurma khudri punya tekstur yang keriput, berwarna cokelat tua tetapi rasanya manis. Karena kesegarannya, kurma ini paling banyak diekspor dan harganya yang relatif terjangkau.

4. Bahri

Agak berwarna kuning dan renyah. Kurma bahri yang matang rasanya seperti karamel dan gula merah. Rasanya demikian manis seperti kebanyakan kurma tetapi sangat lembut dan kental. Biasanya dijual pada musim-musim tertentu.

5. Sukkari

Ketimbang yang lain, kurma sukkari lebih renyah dan sangat manis. Salah satu khasiatnya adalah menurunkan kolesterol jahat, mencegah kerusakan gigi dan membantu menghilanhkang rasa lelah. Kurma sukkari banyak dibudidayakan di wilayah Al Qaseem.

6. Saghai

Umumnya kurma segar ini dibudidayakan di Riyadh. Rata-rata berwarna cokelat dan kuning muda di bagian ujungnya. Meski berkerut, kurma saghai tidak mengelupas, dan rasanya tentu legit sekali.

7. Ajwa

Kurma yang satu ini adalah kombinasi dari varietas yang lembut dan kering. Tak hanya itu, manis disantap dan lembut di mulut. Jenis kurma ini diketahui punya khasiat penyembuhan dan kerap dikonsumsi Nabi Muhammad saw. Oleh karena itu, dikenal pula dengan kurma nabi.

8. Kholas

Saat diawetkan, kurma kholas punya rasa karamel. Kurma ini lengket saat masih sega, kulitnya kendur, dan biasanya dikonsumsi bersama kopi Arab.

9. Zahidi

Berbentuk agak oval dan berwarna emas, kurma zahidi punya tekstur yang pekat, agak kering, dan kulit tebal. Meski rasanya kurang manis ketimbang kurma lain tetapi kaya akan serat.

10. Medjool

Dikenal sebagai “Queen of Dates” karena punya tekstur yang empuk, besar, rasa yang kuat dan manis. Medjool sangat populer di Amerika Serikat dan kerap digunakan untuk membuat minuman shake dan smoothie. Kurma ini biasanya tersedia sepanjang tahun. *

Silakan baca: Buah Kurma untuk Buka Puasa, Ini 5 Manfaatnya!

Silakan baca: Lezatnya Hidangan Nasi Kebuli Al Mustofa Bandung

 

Sumber dan foto: destinationksa