10 Film Indonesia Terlaris dengan Penonton Terbanyak

Film Indonesia Terlaris
Warkop DKI Reborn: Jangkrik Bos! Part 1 (2016). (Sumber: youtube)

 

BandungKlik –  Beberapa tahun ke belakang, industri perfilman Indonesia mulai tumbuh. Terbukti dari meningkatnya produksi film dalam negeri, dibarengi peningkatan kualitas film Indonesia itu sendiri. Hasilnya bisa mencetak sejumlah film Indonesia terlaris dengan jumlah penonton bioskop terbanyak.

Sebagai gambaran, di bawah ini ada urutan film Indonesia dengan jumlah penonton bioskop terbanyak sepanjang masa.

Warkop DKI Reborn: Jangkrik Bos! Part 1 (2016)

Sampai 2020, Warkop DKI Reborn: Jangkrik Bos! Part 1 menjadi film Indonesia terlaris dan memiliki penonton terbanyak. Film yang tayang September 2016 ini, berhasil mendapatkan sekitar 6,9 juta penonton sejak hari pertama penayangan.

Selain itu, film yang disutradarai Anggy Umbara tersebut, juga berhasil menyabet piala kategori Box Office pada 2017 sebagai Film Terlaris. Film yang diperankan oleh aktor Abimana Aryasatya, Vino G Bastian, dan Tora Sudiro ini mengangkat kembali sisi unik dari sang legenda Warkop DKI.

Dilan 1990 (2018)

Di posisi kedua ada film Dilan 1990 yang disutradarai Fajar Bustomi. Film Indonesia yang dibintangi Iqbaal Ramadhan ini turut mengisi deretan film dengan jumlah penonton terbanyak kedua hingga tahun 2020, dengan angka 6,3 juta penonton.

Bercerita tentang dua sejoli, Dilan dan Milea dengan latar Kota Bandung era 1990. Filmnya bisa dibilang sangat menyentuh dan mengajak banyak orang nostalgia era 90-an. Apalagi film ini mengangkat tema anak sekolah dengan segala macam konflik yang menarik, termasuk masalah percintaan remaja.

Dilan 1991 (2019)

Setahun berikutnya, Fajar Bustomi dan Pidi Baiq merilis sekuel Dilan 1990, yaitu Dilan 1991 pada Februari 2019. Selain mendapatkan jumlah penonton terbanyak sebesar 5,3 juta orang, film ini juga berhasil menyabet 2 Rekor MURI setelah tiga hari penayangannya.

Silakan baca: bioskoponline.com, Alternatif Nonton Film Indonesia

Rekor yang pertama, Dilan 1991 meraih “Jumlah Penonton Premier Terbanyak di Hari Pertama”, yaitu 80 ribu orang. Sedangkan rekor kedua didapatkan berkat meraih “Jumlah Penonton Terbanyak di Hari Pertama”, yaitu sekitar 720 orang.

Laskar Pelangi (2008)

Sungguh hebat, film Laskar Pelangi yang sudah ditayangkan lebih dari 10 tahun lalu masih bertengger di deretan film terlaris dan jumlah penonton terbanyak hingga kini. Disutradarai Riri Riza, film yang diangkat dari novel karya Andrea Hirata ini, berhasil meraih sebanyak 4,2 juta penonton sejak hari pertama ditayangkan.

Laskar Pelangi menceritakan tentang realitas sosial masyarakat di Belitung. Seluruh sisi kehidupannya pun diangkat, mulai dari persahabatan dan harapan setiap orang yang dibingkai sangat cantik serta menyentuh. Tidak lupa keindahan alam Belitung juga tersaji di film tersebut.

Habibie & Ainun (2012)

Selanjutnya ada film Habibie & Ainun yang terinspirasi dengan kisah cinta Presiden Indonesia Ketiga, BJ Habibie. Film ini berhasil menyedot lebih dari 4,6 juta penonton sejak hari pertama ditayangkan. Film yang diperankan oleh Reza Rahadian dan Bunga Citra Lestari ini pun berhasil memecahkan rekor penonton terbanyak di hari ketiga penayangannya.

Pengabdi Setan (2017)

Film horor Pengabdi Setan juga turut meramaikan deretan film dengan jumlah penonton terbanyak hingga 2020. Meski tergolong film reboot dari Pengabdi Setan (1980), bukan berarti tidak akan menggetarkan para penontonnya. Malah film yang disutradarai Joko Anwar tersebut, berhasil meraih sekitar 4,2 juta penonton sejak hari pertama penayangannya.

Warkop DKI Reborn: Jangkrik Bos! Part 2 (2017)

Sukses seperti film part 1-nya, Warkop DKI Reborn: Jangkrik Bos! Part 2 masuk ke dalam deretan film Indonesia terlaris dan mendapatkan jumlah penonton terbanyak. Meskipun dirilis 2017 silam, film ini berhasil meraih 4,1 juta penonton berkat aksi lucu dan konyol dari trio legendaris Dono, Kasino, Indro.

Ayat-Ayat Cinta (2008)

Film yang disutradarai Hanung Bramantyo ini, berhasil memasuki deretan film terlaris dengan jumlah penonton terbanyak sampai saat ini. Kisah filmnya diangkat dari novel yang menceritakan tentang kesabaran dan keimanan. Ayat-ayat Cinta berhasil meraih 3,7 juta penonton sejak hari pertama penayangannya di bioskop.

Ada Apa dengan Cinta 2 (2016)

Setelah penantian panjang, Ada Apa dengan Cinta (AADC) 2 ternyata cukup mengobati rasa rindu para penggemarnya. Kisah cinta pasangan yang terpisah selama 14 tahun ini berhasil membuat penonton penasaran. Terbukti dari jumlah penonton film yang disutradarai Riri Riza ini, mendapatkan 3,7 juta penonton sejak hari pertama ditayangkan di seluruh bioskop Indonesia.

Silakan baca: Film Rusia Turut Promosikan Pariwisata Indonesia

Suzzanna (2018)

Film horor lain yang berhasil masuk 10 besar film terlaris dengan jumlah penonton terbanyak adalah Suzzanna. Menghadirkan bintang utama Luna Maya. Film horor ini berhasil menarik jutaan penonton, sekitar 3,4 juta orang. Menariknya lagi, film ini berhasil mencetak rekor sebagai “Film Horor Pertama yang Tembus Satu Juta Penonton dalam Waktu Empat Hari”.*

 

Sumber: Kemenparekraf